JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

167 Desa di Sragen Bakal Kehilangan Kadesnya Mulai Maret 2019. Bupati Siapkan Banyak PJ Kades, Ini Bocorannya! 

Ilustasi kursi jabatan
Ilustasi kursi jabatan

SRAGEN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen bakal menyiapkan Penjabat (Pj) kepala desa (Kades), bagi desa-desa yang masa jabatan kadesnya bakal segera berakhir. Para Pj kades itu bisa diambilkan dari pegawai di lingkungan kecamatan namun juga bisa dari PNS di lingkungan Pemkab.

Penyiapan PJ Kades itu dilakukan menyusul agenda besar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2019, yang bakal digelar serentak di 167 desa di 20 kecamatan tahun ini.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, banyak kades yang bakal habis masa jabatannya mulai Maret mendatang. Atas kondisi itu, Pemkab sudah harus siap-siap menunjuk PJ Kades yang akan ditugaskan mengampu jabatan Kades selama masa kekosongan sampai terpilih Kades baru hasil Pilkades.

Baca Juga :  Aipda Joko Mudo, Korban Tragedi Helikopter P-1103 Asal Sragen Punya 2 Anak. Terakhir Pulang Kampung 2 Oktober

“Kami bakal menyiapkan ASN sebagai Pj kades bagi desa yang kadesnya berakhir masa jabatannya,” kata Yuni.

Yuni mengatakan, Pj kades itu bakal diambilkan dari kecamatan atau dari lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Sragen. Menurut dia, tidak semuanya Pj kades itu bakal diambilkan dari kecamatan, karena banyaknya desa yang menggelar pilkades di sebuah kecamatan.

“Tidak semuanya PJ kades dari kecamatan. Karena ada desa di sebuah kecamatan yang menggelar banyak pilkades. Bayangkan bila satu kecamatan ada delapan desa atau lebih yang menggelar pilkades, bisa habis pegawai di kecamatan,” paparnya kepada wartawan.

Baca Juga :  Ratusan Buruh Pabrik Tekstil PT BATI Sragen Mogok Massal. Ini Pemicunya!

Dari 196 desa di 20 kecamatan, 167 desa bakal menggelar pilkades. Menurut Yuni, masa jabatan kades berakhir mulai Maret mendatang. Paling akhir, kades yang jabatannya selesai Desember adalah Desa Kadipiro Kecamatan Sambirejo. Pihaknya sudah memetakan desa-desa mana saja yang akan berakhir mulai Maret dan unsur ASN yang akan ditempatkan sebagai Pj kades.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com