JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Puluhan Tokoh Dalang se-Klaten Deklarasi Siap All Out Dukung Jokowi-Ma’ruf. Bertekad Jaga Kedaulatan Negara

Para sesepuh seniman dalang se-Klaten saat mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Sabtu (23/2/2019). Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Para sesepuh seniman dalang se-Klaten saat mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf Sabtu (23/2/2019). Foto/Wardoyo

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Euforia dukungan untuk pasangan Capres-Cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019, terus menggelora di berbagai wilayah. Tak hanya dari kelompok masyarakat, tokoh-tokoh seniman dari seni pedalangan di Kabupaten Klaten, juga menggelar silaturahmi sekaligus deklarasi dukungan.

Sekitar 50 tokoh sesepuh dalang dari berbagai wilayah di Klaten berkumpul untuk menyatukan persepsi dan melakukan deklarasi di RM Makan Mayar By Pass Klaten, Sabtu (23/2/2019). Deklarasi digelar dalam tajuk “Sarasehan Guyub  Dalang Kab. Klaten Nyawiji Dukung Jokowi – Ma’aruf Amin”.

Kegiatan dihadiri Ketua Dewan Kesenian Klaten, FX Setiyawan DS, Ketua Pepadi Klaten Ki Nuryanto, Ketua Adang Dalang Klaten Suwito Radyo, Koordinator Guyub Dalang Klaten Kasino dan sekitar 50 anggota dalang se-Klaten.

Dalam sambutannya, Ketua Adang Dalang Klaten, Suwito Radyo mengatakan kegiatan itu digelar untuk menjalin silaturahmi guyub dalang Klaten sehingga saling kenal antara dalang muda dan tua yang berjumlah hampir 300 orang.

Baca Juga :  Pasien Terjangkit Covid-19 Harus Diperkuat Mentalnya untuk Sembuh

Lebih dari itu, agenda juga digagas untuk menyatukan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf di Pilpres mendatang. Ketua Papadi Klaten, Ki Nuryanto menegaskan apabila dalang Klaten ingin berafiliasi ke salah satu calon pihaknya mempersilakan. Sebab menurutnya pilihan adalah sesuai hati nurani pemilih.

Yang terpenting ia meminta semua bisa menjaga guyub rukun.

“Dalang adalah salah satu pencipta pencerahan terkait berita melalui  budaya pewayangan, menurut saya Kesenia itu diatas politik,” tukasnya.

Sementara, Ketua 1 Dewan Kesenian Klaten, FX Setiyawan mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia hanua mengingatkan sedikit perihal wawasan bernegara dan ia mengajak lara seniman di Klaten untuk menggunakan hak pilih serta memilih pimpinan yang baik agar bisa memimpin Negara Indonesia kedepan lebih baik.

Baca Juga :  Letkol Inf Joni Eko Prasetyo Dandim Klaten Yang Baru

Sesepuh dalang Klaten, Ki Bagong Darmono menambahkan sebagai pelaku seni, sudah sewajarnya para dalang juga mempunyai tugas yang besar untuk ikut menjaga keamanan bangsa dan negara.”Apabila negara Kita aman, Rakyat sejahtera, Tangapan Pewayangan akan banyak dan kita ikut merasakan dari keamanan dan kesejahteraan rakyat indonesia,” katanya.

Sementara dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf diberikan lantaran ia melihat selama kepemimpinan Jokowi, rakyat yang nyaman kesenian merasa dihargai dan dilindungi sampai dikukuhkan hari Wayang Nasional.

Agenda kemudian ditutup dengan deklarasi yang diikrarkan semua dalang dan intinya menyatakan sanggup mendukung serta berjuang memenangkan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 17 April 2019 mendatang. Wardoyo