JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jelang Pilpres, 13 Provinsi Ini Terpapar Berita Hoax dalam Taraf  Akut

berita hoax
ilustrasi. Tempo.co
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
berita hoax
ilustrasi

JAKARTA – Sebanyak 13 provinsi di Indonesia ditengarai terpapar berita bohong (hoax) dalam taraf yang sangat serius.

Demikian hasil pencermatan dari  Tim Gerakan Tangkal Fitnah Tim Kampanye Nasional (GTF TKN)  Jokowi – Ma’ruf.

Anggota tim GTF TKN Hendrasmo mengatakan 13 daerah tersebut yakni Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo dan Maluku Utara.

“Selain itu, kami juga mengidentifikasi enam yang masih rawan hoaks. Daerah tersebut antara lain Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantam Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan,” ujar Hendrasmo di Posko Cemara, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Baca Juga :  Sekolah di Zona Kuning Boleh Menggelar Pelajaran Tatap Muka

Tim mengidentifikasi, pola-pola disinformasi yang dilancarkan untuk melakukan pembunuhan karakter terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf, memiliki pola-pola khusus yakni; semburan kebohongan yang bersifat masif, dengan menggunakan berbagai kanal dan endorser, dilakukan secara berulang-ulang, dan tidak sesuai dengan realitas.

Dia mencontohkan, hoaks yang disampaikan ke publik secara berulang-ulang itu yakni; hoaks soal PKI/komunis, kriminalisasi ulama, TKA Asing-Cina, utang luar negeri, pengangguran dan harga barang mahal serta hoaks seputar penyelenggaran Pemilu.

Baca Juga :  Gaji di Bawah Rp5 Juta Per Bulan Tapi Tak Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan Tetap Bisa Dapat Insentif Rp600.000 Per Bulan, Ini Solusi dari Sri Mulyani

Koordinator Bidang Keumatan Partai Golkar Tuan Guru Bajang Zainul Majdi atau TGB mengatakan, hoaks yang memainkan sentimen agama dengan tujuan mengadu domba masyarakat, juga terjadi di beberapa tempat.

“Identifikasinya telah dan akan terjadi di sejumlah titik di Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Barat, DI Yogyakarta, Sumatera Utara dan DKI Jakarta. Hoaks-hoaks ini yang akan kami tangkal dan atasi karena berpotensi memecah belah umat dan bangsa,” ujar TGB.

www.tempo.co