JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tak Hanya Bela Kyai Sampai Mati, Ribuan Pendekar Pagar Nusa Sragen Juga Deklarasikan Dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf di Pilpres

Ribuan pendekar Pagar Nusa Cabang Sragen saat mendeklarasikan pernyataan sikap membela ulama dan kyai serta memberikan dukungan untuk Paslon Jokowi-Ma'ruf di GOR Diponegoro Sragen, Sabtu (9/2/2019). Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Ribuan pendekar Pagar Nusa Cabang Sragen saat mendeklarasikan pernyataan sikap membela ulama dan kyai serta memberikan dukungan untuk Paslon Jokowi-Ma’ruf di GOR Diponegoro Sragen, Sabtu (9/2/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Tak hanya doa bersama dan bela kyai sampai mati, ribuan pendekar silat Pagar Nusa Sragen juga resmi mendeklarasikan dukungan terhadap Paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Deklarasi itu terungkap dari pernyataan sikap yang mereka ikrarkan saat peringatan Harlah ke-33 Pagar Nusa Cabang Sragen di GOR Diponegoro, Sragen, Sabtu (9/2/2019.

Ribuan pendekar silat di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) dari 20 kecamatan itu hadir sejak pagi pukul 09.00 WIB. Agenda diawali dengan latihan gabungan dilanjutkan pengajian dan doa bersama.

Pengajian diisi dengan tauziah dari Pimpinan Ponpes Nurul Burhan Kedung Prahu, Widodaren Magetan, KH Asroful Anam. Dalam tausiahnya, Asroful mengajak seluruh santri untuk membela kiai dan juga ulama.

Baca Juga :  Covid-19 Makin Mengganas, 3 Warga Sragen Kembali Dinyatakan Positif, Satu Meninggal Dunia. Total 186 Kasus Positif, Tambahan Baru dari Tanon, Karangmalang dan Gondang

Asroful yang juga salah satu tim ulama pemenangan Jokowi-Ma’ruf wilayah Jatim itu juga mengajak semua anggota Pagar Nusa Sragen mengikuti ulama dan kyai.

Termasuk dukungan untuk rais aam NU, Ma’ruf Amin yang digandeng Jokowi di Pilpres 2019.

“Harus bela ulama dan kyai. Sampai mati,” paparnya kepada wartawan.

Agenda dilanjutkan dengan ikrar bela ulama yang diucapkan semua anggota Pagar Nusa yang hadir. Selanjutnya, ribuan pendekar itu kemudian mendeklarasikan pernyataan sikap mendukung paslon Jokowi-Ma’ruf di Pilpres mendatang.

Deklarasi dipimpin oleh salah satu kyai kharismatik di Bumi Sukowati yakni Muhammad Haris atau yang dikenal dengan sebutan Mbah Haris. Dalam deklarasi yang ditirukan semua hadirin, intinya bahwa Pagar Nusa mendukungan dan akan memilih Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres mendatang.

Baca Juga :  Keren, Mulai Dibangun, 2 Gedung Mangkrak Utara Spesial Sragen Bakal Disulap Jadi Cafe Modern dan Sentra PKL. Prioritas Untuk 99 PKL Eks Alun-alun dan KPU Lama, Tapi Tak Boleh Dijualbelikan!

“Kami Pagar Nusa mendukung dan akan memilih Pak Jokowi- Maruf Amin menjadi Presiden RI. Setuju?,” serunya disambut jawaban setuju secara serempak dari semua yang ada.

Menurut Kyai Haris, dukungan dilabuhkan untuk Jokowi-Ma’ruf lantaran sosok Ma’ruf Amin tak bisa dipisahkan dari NU maupun Pagar Nusa. Karenanya sudah semestinya jika Pagar Nusa mendukung Jokowi-Ma’ruf untuk pemenangan di Pilpres mendatang.

“Pak Ma’ruf Amin kan NU dan Pagar Nusa juga NU. Makanya mendukung untuk pemenangan Pilpres,” tegasnya.

Selain dihadii oleh kiai dan pejabat pemerintahan, Harlah ke 33 Pagar Nusa cabang Sragen juga dihadiri oleh tokoh NU Ahmad Muwafiq atau yang akrab disapa Gus Wafiq. Wardoyo