JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Maluku Utara dan Manado Diguncang Gempa Magnitudo 6,3

gempa
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
Ilustrasi

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Wilayah Jailolo, Maluku Utara diguncang gempa bumi dengan Magnitudo 6,3, Minggu (24/3/2019)  pukul 11.37 WIB.

Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan gempa juga dirasakan di Ternate dan Weda, Provinsi Maluku Utara dan beberapa kota di Provinsi Sulawesi Utara, yakni Manado, Tondano, Bitung, Tahuna, Siau, dan Bolang.

“Tidak berpotensi tsunami, ” BMKG mencuit melalui akun Twitter resmi  @infoBMKG,  Minggu (24/3/2019).

BMKG menyatakan pusat gempa itu berada di bawah laut pada kedalaman 10 kilometer. Gempa terjadi di 139 kilometer arah barat laut Jailolo, pada koordinat 1,68 lintang utara dan 126,37 bujur timur.

Baca Juga :  Mahfud MD Kumpulkan Sekjen Parpol Bahas Protokol Kesehatan Pilkada 2020

Sebelumnya, pukul 08.32 WIB, lindu juga mengguncang Kabupaten Poso, Sulawesi Selatan dengan magnitudo 5,7. Episenter gempa terletak pada koordinat 1,78 LS dan 120,55 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 48 kilometer arah barat daya Kota Poso, Kabupaten Poso, Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 39 kilometer.

Baca Juga :  Ramai Warga Jakarta Mengaku Dengar Suara Dentuman Keras, Polisi Lakukan Penelusuran: Suara dari Arah Pancoran

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Poso,” Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahnat Triyono menyampaikan dalam keterangan tertulis, Minggu (24/3/2019).

Rahmat mengatakan gempa bumi ini juga tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 12.40 WIB, BMKG belum menginformasikan adanya gempa susulan.

“Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi itu,” ujarnya.

www.tempo.co