JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Mau Tahu Arti Ubinan, Simak Penjelasan Berikut Ini

Pengubinan di Kelurahan Punduhsari, Manyaran, Wonogiri.
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Pengubinan di Kelurahan Punduhsari, Manyaran, Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Babinsa Kelurahan Punduhsari Koramil 11/Manyaran Sertu Sahid dibantu oleh Serma Sri Mulyono dan Koptu Kabib bersama anggota BPP (Balai Penyuluh Pertanian) Kecamatan Manyaran melaksanakan pengubinan.

Kali ini pengubinan untuk mengetahui volume panen padi dilaksanakan di area sawah milik Darono yang beralamat di Linkungan Mangis RT 3 RW 6 Kelurahan Punduhsari.

Babinsa Kelurahan Punduhsari Sertu Sahid yang berada di lokasi kegiatan mengatakan, pengubinan dilakukan di lahan seluas 1 hektare. Jenis padi Hibrida Mapan 05 menjelang masa panen dengan luas ubinan 2,5 meter x 2,5 meter dengan hasil ubinan 5,7 kilogramg dan dinyatakan hasil yang baik.

Baca Juga :  Catat Lur Ternyata Jumlah Tenaga Kesehatan yang Terkonfirmasi Positif COVID-19 Dari Klaster RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri Mencapai Angka 79, Tapi yang Sudah Sembuh Hampir Setengahnya

Sementara anggota PPL Sukandar, mengatakan, pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan petugas statistik dan pertanian untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil produk pertanian seperti padi dan jagung.

“Cara atau teknik ini paling umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil panen dalam luasan satu hamparan. Melalui pengubinan ini, para petani dapat mengetahui perkiraan hasil panen dari tanaman yang dikelolanya,” ungkap dia, Senin (25/3/2019).

Baca Juga :  Jos Slur, 7 Motor dan 1 Mobil Berhasil Diamankan Polisi Wonogiri, Ada 16 Tersangka Dengan 14 TKP Kasus Pencurian

Diharapkan teknik pengubinan ini dapat menambah pengetahuan para petani untuk diterapkan setiap kali menjelang panen. Sehingga dapat memperkirakan sendiri hasil panen yang akan dicapainya. Aris Arianto