JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Ratusan Pelajar Bersaing di Pesta Siaga se-Soloraya di Karanganyar. Kontingen SD Beji Klaten dan Mutiara Hati Karanganyar Usung Optimisme!  

Barung putri SD Beji 2, Pedan, Klaten saat unjuk kebolehan mementaskan tarian di Pesta Siaga se-Soloraya yang dipusatkan di Karanganyar, Sabtu (23/3/2019). Foto/Wardoyo
Barung putri SD Beji 2, Pedan, Klaten saat unjuk kebolehan mementaskan tarian di Pesta Siaga se-Soloraya yang dipusatkan di Karanganyar, Sabtu (23/3/2019). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak 600 pelajar tingkat sekolah dasar (SD) se-Soloraya beradu kebolehan dalam Pesta Siaga Tingkat Korwil Surakarta yang digelar di SMP N 3 Karanganyar, Sabtu (23/3/2019). Sejumlah kontingen dari beberapa daerah tampil cukup apik dan mengusung optimisme tinggi di pesta Pramuka siaga yang mempertemukan perwakilan dari kabupaten se-Soloraya tersebut.

Salah satu yang menyita perhatian adalah kontingen dari Klaten yang salah satunya diwakili oleh Gudep SD Beji 2, Pedan, Klaten. Datang dari daerah perbatasan, barung putri SD itu tampil cukup memukau saat mementaskan tarian di hadapan penilai.

Andalan Bina Muda Kwarran Pedan Kabupaten Klaten, Sutarmi mengatakan SD Beji 2 Pedan Klaten memang ditunjuk mewakili Kwarcab Klaten di ajang Pesta Siaga se-Soloraya tahun ini.

Menurutnya di wilayah Kabupaten Klaten sendiri, ada 3 Daerah Binaan (Dabin), yakni selatan, utara dan timur.

“Kebetulan untuk tahun ini yang mewakili Dabin selatan. Satu di antaranya yakni barung putri Gugus Depan (Gudep) SD 2 Beji Pedan Klaten,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM ,Sabtu (23/3/2019).

Baca Juga :  Gudang Kayu di Tasikmadu Terbakar, Diduga Konsleting dari Pompa Air

Sutarmi menguraikan dengan persiapan matang, ia menaruh harapan besar  tahun ini barung putri dari SD 2 Beji Pedan bisa meraih juara dan mewakili Surakarta. Jika hal itu diraih, maka akan bisa mengikuti pesta siaga di tingkat provinsi.

Sutarmi yang sejak kecil memang sudah getol dengan dunia kepramukaan di Klaten itu menuturkan, ajang pesta siaga itu sangat bagus bagi siswa. Sebab hal itu bisa menjadi sarana untuk pembentukan karakter anak.

“Dari pengalaman kami, yang sangat pas untuk membentuk karakter siswa ya kegiatan kepramukaan. Karena dapat melatih tanggung jawab, disiplin, hidup mandiri dan selalu gembira. Tidak ada kok pramuka itu sedih. Itu spiritnya. Maka tema kali ini bagus sekali, yakni Keren, Gembira dan berprestasi,” jelasnya.

Optimisme serupa juga diusung oleh perwakilan tuan rumah, Karanganyar yakni SDIT Mutiara Hati Ngargoyoso,  Karanganyar. Pendamping kontingen SDIT Mutiara Hati, Catur Titi Nur Hayati menuturkan pada pesta siaga Kwarcab Karanganyar, barung putri Gudep SDIT Mutiara Hati mendapatkan juara 2.

Baca Juga :  Pemilik Kucing di Colomadu Yang Ditembak Mati Tetangganya, Resmi Lapor Polisi. Anisa Didampingi 5 Lawyer Solo

Prestasi itu akhirnya membawa kontingennya mewakili Kabupaten Karanganyar mengikuti pesta siaga tingkat Korwil Surakarta.

“Optimis bisa masuk tiga besar dan bisa maju ke tingkat provinsi. Semoga,” katanya.

Pembukaan Pesta siaga. Foto/Wardoyo

Ketua Kwarcab Karanganyar, Kurniadi Maulato mengatakan Pesta Siaga tingkat Korwil Surakarta tahun ini ditempatkan di Karanganyar sebagai tuan rumah penyelenggara.

Menurutnya masing-masing kabupaten se-Soloraya mengirimkan perwakilan 3 barung putra dan 3 barung putri. Masing-masing barung terdiri dari 10 pelajar.

Pada gelaran pesta siaga tingkat Korwil Surakarta ini akan diambil juara 1, 2, 3 dari barung putra dan putri, untuk mengikuti pesta siaga di tingkat provinsi.

“Kegiatan ini nanti satu hari full dan akan selesai sampai sekitar pukul 15.00 WIB,” tuturnya.

Kurniadi menambahkan kegiatan ini juga sebagai kaderisasi di tingkat siaga. Karenanya perlu digencarkan, dipupuk dan disiapkan sedari awal untuk kesiapan di tingkat selanjutnya. Adapun juara 1, 2, 3 dari barung putra dan putri akan mengikuti pesta siaga mewakili Surakarta di tingkat provinsi. Wardoyo