loading...
Loading...

YOGYAKARTA, Joglosemarnews.com – Kepedulian untuk membantu bangsa Palestina bisa datang dari mana saja dan dengan cara apa saja, salah satunya adalah menggalang donasi.

Mengusung tema ‘Indonesia Selamatkan Palestina’, Roadshow bersama Syeikh Husein Gaza yang diselenggarakan oleh Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY, bertujuan mengajak masyarakat khususnya Yogyakarta untuk peduli terhadap kondisi yang kini menimpa bangsa Palestina.

“Orang-orang Palestina memiliki peran yang besar terhadap kemerdekaan Indonesia, ketika Indonesia merdeka. Salah satu bangsa yang pertama mendukung kemerdekaan Indonesia adalah Palestina,” ujar Syeikh Muhammad Husein saat memberi paparan di Masjid Al Amin, Kulon Progo, Rabu (13/3/2019), sebagaimana dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Tidak hanya itu, menurut Syeikh Muhammad Husein, dulu di Palestina ada seorang saudagar kaya. Suatu ketika saudagar tersebut  menguras seluruh hartanya lalu dia sumbangkan kepada Indonesia untuk membantu kemerdekaan.

Baca Juga :  Dua Mucikari Online, Salah Satunya Mahasiswa, Berhasil Dibekuk Polisi

Pria yang bernama lengkap Muhammad Husein ini merupakan keturunan asli Indonesia yang sudah menetap di Gaza, Palestina selama delapan tahun terakhir, dan kini tengah menyelesaikan studi S2 nya di Universitas Islam Gaza.

Di Yogyakarta, roadshow bersama Husein Gaza sudah berjalan empat hari sejak hari minggu (10/3/2019) lalu, dan berakhir sampai hari kamis (14/3/2019) besok.

“Alhamdulillah, sampai dengan hari ketiga penggalangan dana untuk bantu Palestina sudah terkumpul 650 juta, baik berupa donasi tunai maupun komitmen” ujar Zainul Muttaqin, tim ACT yang ikut mengawal Roadshow Husein.

Setelah donasi terkumpul, dari ACT rencananya digunakan untuk membantu Palestina dalam bentuk program kapal kemanusiaan untuk Palestina.

“Bulan April mendatang Insya Allah dari ACT akan melayarkan 1.000 ton logistik yang dikemas dalam Kapal Kemanusiaan dan ini menjadi ikhtiar kita bersama untuk melayarkan total 10.000 ton sampai akhir tahun 2019,” ujar Bagus Suryanto selaku Kepala Cabang ACT DIY.

Baca Juga :  Mahasiswa di Yogyakarta dari Mucikari Prostitusi Online, Jajakan PSK Lewat Twitter, Tarifnya Segini

Ia mengatakan, tahun lalu ACT DIY berhasil melayarkan Kapal Kemanusiaan yang mengangkat 2.000 ton beras untuk Palestina.

Event Roadshow Syeikh Husein Gaza itu merupakan rangkaian aksi-aksi kemanusiaan ACT DIY untuk membantu Palestina, dalam dua pekan terakhir ACT DIY juga melakukan aksi simpatik dan galang dana, juga sesi akhir di bulan maret dari event bantu Palestina ialah konser kemanusiaan yang dihadiri oleh bintang tamu Melly Goeslaw pada 17 maret 2019 dalam event Islamic Fair.

Saat ini kondisi di Gaza, Palestina memasuki fase terburuk setelah 13 tahun di blokade oleh Israel dan PBB menyatakan telah menghentikan bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Baca Juga :  Nikah Bareng di Bantul, Enam Pasang Pengantin Menikah di Atas Flying Fox , Hammock hingga Speedboat

“Lebih dari separuh masyarakat Gaza kini berada diambang kehancuran dan kelaparan, 98 persen air di Gaza telah tercemar limbah, dan listrik hanya mengalir dua jam per hari, bahkan sistem pemerintahan di Palestina sudah tidak mampu menggaji para pegawainya, demi panggilan kemanusiaan mari kita bantu saudara-saudara kita di Palestina,” ujar Bagus.  suhamdani


Loading...