JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

29 April 2019 Bandara NYIA Siap Beroperasi

bandara Kulonprogo
Ilustrasi
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) diyakini siap beroperasi mulai 29 April 2019 besok. Banyak syarat yang sudah dipenuhi dan sertifikat dari berbagai institusi sudah di tangan.

Hal itu dikatakan oleh General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Yogyakarta, Agus Pandu Purnama.

“Setelah melalui beberapa proses verifikasi baik dari Kementerian Perhubungan ataupun juga Avsec, NYIA dinyatakan  lolos untuk bandar udara. Dengan sertifikat tersebut maka NYIA sudah layak dan boleh untuk digunakan untuk penerbangan,” kata Agus, Sabtu (20/4/2019).

Bandar Udara baru ini telah mendapat Sertifikat Bandar Udara (SBU) dari Kementerian Perhubungan. Sertifikat itu telah diterima PT Angkasa Pura I sebagai otoritas pengelola NYIA pada pada tanggal 15 April 2019 lalu.

Baca Juga :  4 Hari Usai Jambret Dompet di Sleman, Pria Kulonprogo Ini Dibekuk Polisi

Selain itu kantor Keimigrasian yang dibangun juga telah menerima sertifikat dari Direktorat Jenderal Keimigrasian.

Menurut Pandu, Kantor Keimigrasian yang dibangun di Bandara baru tersebut juga telah mendapatkan sertifikat dari Direktorat Keimigrasian. Karena jika tidak mendapatkan sertifikat, maka penerbangan internasional di bandara tersebut tidak bisa dilakukan.

“Kantor Imigrasi harus ada karena menangani orang-orang asing yang datang ke Yogyakarta melalui NYIA,” kata dia.

 

Sesuai rencana, penerbangan pertama akan dilakukan pada 29 April 2019 mendatang. Pada 26 April 2019 nanti, ujicoba pendaratan pertama akan dilakukan. Direncanakan pesawat Garuda Indonesia akan membawa 175 penumpang.

Baca Juga :  Diduga Hendak Berbuat Kriminal, Remaja Yogya Ini Panik dan Lari Tinggalkan Motor Begitu Saja

Rencana simulasi, 175 penumpang tersebut akan berangkat menggunakan kereta api dari Yogyakarta ataupun Stasiun Maguwo. Ada juga yang menggunakan bus Damri berangkat dari Magelang, Borobudur, Kebumen dan juga Bandara Adisutjipto.

“Akan kami hitung waktu yang dibutuhkan berapa,” kata Agus Pandu.

Rencananya penerbangan pertama di Bandara NYIA akan dilaksanakan pukul 09.30 WIB. Sehingga para penumpang tersebut minimal sampai bandara NYIA tiga jam sebelum keberangkatan. Ujicoba ini  akan menjadi bahan evaluasi untuk operasional bandara.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com