JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Jembatan Gilirejo Sragen Runtuh, Ratusan Warga Terpaksa Bangun Jembatan Darurat. Kegiatan Ekonomi Warga Terganggu 

Warga kerjabakti membangun jembayan darurat di Gilirejo Baru Miri, Sragen. Foto/Wardoyo
   
Warga kerjabakti membangun jembayan darurat di Gilirejo Baru Miri, Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Ratusan warga di Desa Gilirejo Baru, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah terpaksa turun bersama membuat jembatan darurat menyusul runtuhnya jembatan Gilirejo dua hari lalu. Jembatan putus setelah diguyur hujan deras sehari semalam.

Ratusan warga dari berbagai dusun tersebut membawa alat seadanya, seperti Gergaji, Golok, Palu, Tali Tambang, Paku dan alat – alat pertukangan lainnya untuk membuat jembatan sementara yang terbuat dari bambu.

Jembaran darurat dibangun untuk menyelamatkan akses sementara antar dua dusun di Desa Gilirejo Baru.

Jembatan yang runtuh itu menghubungkan antar Dusun Sumberejo dengan Dusun Gondang legi ini diperkirakan sudah berumur 15 tahun.

Jembatan memiliki Panjang  8 meter, Lebar 4 meter dan memiliki ketinggian 6 meter. Namun tak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Baca Juga :  Viral Mobil Rusak Usai Minum Dexlite di Sragen, SPBU: Bukan Abal-abal, Tapi Karena Terkontaminasi Air

Kadus Gilirejo Baru, Juyanto (60)  mengatakan warga gotong royong dan bahu membahu dengan semangat membuat jembatan alternatif yang terbuat dari bambu suwadaya masyarakat.

“Yang kerja bakti tadi pagi ada 6 RT, kurang lebih ada 100 orang mas dan di bantu dari prajurit TNI, Polri, BPBD, kerja bakti tadi pagi,” ujar Kadus setempat, Juyanto Minggu (14/4/2019).

Dalam pembuatan jembatan ini, warga mengunakan kurang lebih 70 bambu yang berasal dari salah satu kebun warga. Tidak hanya itu warga juga swadaya membeli bahan bahan lain untuk pembuatan jembatan sementara tersebut, yakni tali tambang, paku, air minum.

”Rencana kami masih akan ada kerja bakti setengah hari lagi. Tadi mau dikerjakan hari ini tapi warga juga lagi panen, jadi dilanjutkan besok,” tutur Juyanto.

Baca Juga :  Ramadhan di Sragen: Patroli Gabungan Samapta Polres Sragen dan Polsek Cegah Balap Liar dan Knalpot Brong

Ia juga menyampaikan bahwa jembatan tersebut selama ini menjadi penumpan dan sekaligus akses perputaran ekonomi Warga.

“Setelah jalur terputus ini sangat menganggu ekonomi warga di dua Kadus, yakni Kadus 1 Dondong barat, Dondong timur, Rejosari, Sumberejo. Sementara itu Kadus 2 antara lain Gondang legi, Purworejo, Plosorejo, Pelem binatur, Margomulyo, semoga jembatan ini bisa segera diperbaiki agar akses warga bisa lancar lagi, apalagi ini sedang memasuki musim panen,” ujarnya.

Terpisah, Kabid Bina Marga DPU PR Sragen, Albert Pramono Susanto menyampaikan pihaknya akan melakukan pengecekan ke lokasi jembatan yang ambles dan terputus tersebut.

“Kami akan cek dulu apakah jembatan itu tersebut apakah masuk proyek kabupaten atau tidak. Kalau masuk kabupaten menjadi proyek DPUPR, tapi kalau desa kami menyarankan dianggarkan dari APBDes,” paparnya. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com