loading...
Loading...
Ketua Paguyuban Rukun Sejahtera Dukuh Darangan, Nano Abdullah (tengah) bersama warga saat membersihkan masjid At Taqwa di kampung setempat menyambut bulan ramadhan, Minggu (5/5/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Ratusan warga dari empat RT di Dukuh Darangan, Desa Purwosuman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen menggelar tradisi unik dalam menyambut datangnya bulan ramadhan, Minggu (5/5/2019) pagi. Warga di kampung itu melakukan aksi kerjabakti massal membersihkan lingkungan di wilayah mereka.

Warga besar kecil tua muda di empat RT itu semua turun tangan tanpa ada yang tertinggal. Mereka bergotong royong membersihkan saluran, memangkas turus jalan, membersihkan dan mengecat masjid hingga melakukan fogging atau pengasapan.

Aksi kerjabakti massal menyambut ramadhan itu digelar sejak pagi hingga siang hari. Ketua RT 11, Heru Priyanto, mengatakan kegiatan kerjabakti massal itu digelar untuk mendukung program kebersihan kampung dan pemberantasan sarang nyamuk yang tengah digalakkan pemerintah. Lebih dari itu, kegiatan bersih-bersih segala penjuru kampung itu juga sebagai ungkapan syukur menyambut bulan ramadhan.

“Hari ini warga di 4 RT sini bersama Paguyuban Rukun Sejahtera menyebar. Ada yang bersih lingkungan, turus jalan, taman dan tempat ibadat. Ini memang rutin setiap tahun utamanya menjelang bulan ramadhan,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM, Minggu (5/5/2019).

Baca Juga :  Puting Beliung Terjang 7 Kecamatan di Sragen. Sejumlah Rumah Rusak, Puluhan Pohon Bertumbangan Menimpa Rumah dan Menutup Jalan 
Rapikan turus dan bersih selokan. Foto/Wardoyo

Senada, Suhadi Prayitno, Ketua RT 9 menuturkan tradisi bersih lingkungan itu memang dilakukan serentak oleh warga di 4 RT. Khusus untuk fogging, dilaksanakan swadaya dengan mesin bantuan dari paguyuban sedang operatornya masing-masing RT menerjunkan 4 petugas.

“Total ya sekitar 200 warga di 4 RT yang bergerak,” terangnya.

Sementara, Ketua Paguyuban Rukun Sejahtera Dukuh Darangan, Nano Abdullah mengatakan kerjabakti itu merupakan agenda rutin bulanan yang digelar warga bersama paguyuban.

Sementara pembersihan masjid digelar menyambut datangnya bulan ramadhan.

“Semua warga terlibat dalam kegiatan ini. Supaya lingkungan menjadi asri dan sehat. Lalu masjid dibersihkan supaya nanti pelaksanaan ibadah di bulan ramadhan bisa lebih nyaman dan khusuk,” ujar Nano.

Baca Juga :  Kronologi Kecelakaan Maut Mobil Dinas Pemkab Sragen Tewaskan Satu Pemotor di Nglorog. Mobil Diketahui Sempat Begini Sebelum Menggasak 2 Motor... 
Meski usia sudah tua tetap semangat mengecat masjid untuk menyambut bulan ramadhan. Foto/Wardoyo

Lebih lanjut, ia menyampaikan selain kepentingan lingkungan, kerjabakti serempak itu juga sebagai wahana menjaga agar silaturahmi dan kebersamaan tetap terjalin. Sementara terkait keberadaan Paguyuban Rukun Sejahtera sendiri, itu merupakan paguyuban internal Dukuh Darangan yang mewadahi para warga.

“Paguyuban ini dirintis bertujuan memajukan Dukuh Darangan baik dalam segi material dan spiritual. Tujuan lainnya tentu saja menjaga kerukunan dan kekompakan warga di kampung ini,” tandasnya. Wardoyo

Loading...