JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Arkeolog Temukan Udang Bertubuh Transparan di Lembah Baliem

Tempo.co
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Tim peneliti Balai Arkeologi Papua menemukan udang unik bertubuh transparan di gua Togece, Kampung Parema, Distrik Wesaput, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Gua tersebut berada di kawasan bernama Lembah Baliem.  Di bagian dalam Gua Togece terdapat sumber air tawar jernih, bagian dalam gua ini sangat gelap, tidak ada sinar matahari sama sekali.

“Sumber air tawar di dalam gua tidak terhubung keluar, tidak terhubung ke sungai atau saluran air lainnya, sehingga sumber air dalam gua hanya terkonsentrasi di situ saja,” kata arkeolog Hari Suroto, yang menjadi salah satu penelti, Senin (24/6/2019).

Baca Juga :  Ribuan Mahasiswa dan Buruh Kembali Demo Tolak Omnibus Law

Udang endemik ini berukuran 1 – 1,5 cm, berwarna transparan sehingga bagian organ dalam udang terlihat. “Dalam kondisi gelap inilah, udang ini bisa hidup,” katanya.

Menurut Hari, berdasarkan penelusuran informasi di masyarakat sekitar gua, udang tersebut hanya terdapat di dalam Gua Togece saja.

Selain itu, udang yang ditemukan dalam gua sangat jauh berbeda dengan udang endemik Sungai Baliem yang berukuran besar yang selama ini dikenal.

Baca Juga :  Hari Ini Pengumuman Hasil Akhir Seleksi CPNS 2019, Catat Hal yang Harus Dilakukan Peserta dan Daftar Dokumen yang Wajib Diunggah

Udang dari Sungai Baliem merupakan sejenis lobster air tawar. Masyarakat menyebutnya dengan istilah udang selingkuh, karena sepintas bertubuh udang tetapi bercapit besar seperti capit kepiting.

Tim Balai Arkeologi Papua dalam penelitian di Situs Gua Togece mencari hunian awal prasejarah di Lembah Baliem. Para arkeolog ini melakukan penelitian sampai pertengahan Juli 2019.

www.tempo.co