loading...
Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Hari yang membahagiakan sekaligus membanggakan bagi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta karena pada Selasa (25/6/2019), UNS kembali mengukuhkan tiga Guru Besar Fakultas Teknik (FT) yang baru bertempat di Gedung Auditorium G. P. H Haryo Mataram.

Ketiga Guru Besar yang baru dikukuhkan tersebut adalah Prof. Yusep Muslih Purwana, S.T., M.T sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Sipil, Ph.D, Prof. Dr. Cucuk Nur Rosyidi, ST., MT Bidang Teknik Industri dan Prof. Dr. Triyono, ST., MT Bidang Ilmu Teknik Mesin. Ketiganya dikukuhkan langsung oleh Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho.

Dalam Upacara Pengukuhan Guru Besar ini, Prof Jamal Wiwoho mengharapkan agar ketiga Guru Besar yang baru saja dikukuhkan untuk banyak menyumbangkan karya-karya mereka bagi dunia ilmu pengetahuan.

Baca Juga :  Corona Merajalela, Investor Harus Bijak Menyikapi Turbulensi di Pasar Modal

Di samping itu, Prof Jamal juga mengungkapkan rasa bangganya sebab UNS dapat langsung mengukuhkan tiga Guru Besar sekaligus.
“Peristiwa hari ini tentunya merupakan hal yang membanggakan bagi kami, karena dalam saat yang bersamaan bisa menambah 3 orang Guru Besar sekaligus,” ujar Prof Jamal.
Ia menambahkan bahwa peran penting Guru Besar merupakan mandat penugasan yang diberikan pemerintah kepada seorang dosen di Perguruan Tinggi berdasarkan pengakuan kepakaran dan kecendekiawan dalam suatu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, seni, atau humaniora.

Mengakhiri sambutannya, Prof Jamal mengingatkan bahwa seorang Guru Besar setidaknya harus memiliki 3 fungsi, yaitu mengawal nilai-nilai luhur UNS, mengembangkan keilmuan masa depan, dan turut berkontribusi terhadap solusi permasalahan bangsa.
Dalam Upacara Pengukuhan Guru Besar ini Prof. Yusep Muslih Purwana, S.T., M.T ditetapkan sebagai Guru Besar UNS yang ke-199 dan Guru Besar FT ke-8, kemudian Prof. Dr. Cucuk Nur Rosyidi, ST., MT ditetapkan Guru Besar UNS ke-200 dan Guru Besar Fakultas Teknik ke-9, serta Prof. Dr. Triyono, ST., MT ditetapkan sebagai Guru Besar UNS ke-201 dan Guru Besar FT ke-10. Triawati PP