JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Tips Agar Anak Suka Makan Sayur dan Buah

Ilustrasi buah. pexels
   
Ilustrasi buah. pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM – Salah satu makanan yang penting bagi pertumbuhan anak adalah sayur dan buah. Tidak dipungkiri, sebagian anak di Indonesia tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur.

Untuk itu, dokter yang sekaligus Putri Indonesia Lingkungan 2010, Reisa Broto Asmoro membagikan beberapa tips mudah agar anak rajin mengkonsumsi sayur dan buah.

Menurutnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memulai kebiasaan untuk mengkonsumsinya sejak anak masih kecil. Dalam hal ini, Reisa mengatakan bahwa saat anak-anak baru mencoba makanan dan sayur serta buah menjadi menu utama, tentu mereka akan menyukainya.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

“Harus memperkenalkan dari kecil. Kalau dari kecil anak-anak sudah terbiasa dengan sayur dan buah, dijamin pasti akan suka tanpa harus dipaksa,” katanya saat ditemui TEMPO.CO di Jakarta pada 30 Juni 2019.

Meski demikian, apabila anak Anda sudah lebih besar dan belum dibiasakan, Reisa juga memberi saran termudahnya. Ia meminta agar orangtua dapat memberikan contoh kepada anak. Sebab pada umumnya, ketidaktertarikan anak pada sayur dan buah umumnya terjadi lantaran orangtua mereka juga melakukan hal serupa. Oleh karena itu, biasakan makan sayur dan buah secara bersama-sama.

“Anak selalu mencontoh apa yang orangtuanya lakukan. Jadi kalau mau anak suka sayur dan buah saat apa pilihan makanan lain yang disukai, kuncinya ya orangtua juga ikut bersama-sama makan dengan anak. Pasti jadi suka,” katanya.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Yang terakhir, ia menyarankan untuk menyediakan sayur dan buah dengan cara dan rasa favorit anak. Karena biasanya, salah satu alasan terbesar anak tidak suka sayur dan buah karena rasanya yang kurang enak.

“Jika Anda mengolahnya dengan sesuatu yang disukai, misalnya di jus dan disajikan dengan keju. Atau mungkin diberi garnish (hiasan) dan topping yang lebih menarik, mereka lambat laun pasti mau,” katanya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com