loading...
Loading...
Harga komoditas cabai yang sempat melonjak tinggi kini mulai turun. Sebelumnya, komoditas cabai bahkan menjadi penyumbang utama inflasi di Kota Solo, pexels

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– Harga komoditas cabai yang sempat melonjak tinggi kini mulai turun. Sebelumnya, komoditas cabai bahkan menjadi penyumbang utama inflasi di Kota Solo.

Pekan ini, harga cabai di sejumlah pasar tradisional terpantau mengalami penurunan seiring dengan pasokan barang yang mulai normal. Salah satu pedagang cabai di Pasar Legi, Santosa menuturkan, penurunan harga cabai sudah mulai terjadi sejak satu minggu yang lalu. Dan penurunan harga yang signifikan terjadi pada cabai jenis rawit merah.

“Sebelumnya harga rawit merah sempat mencapai Rp 80 ribu perkilogram. Sekarang sudah di harga Rp 53 ribu perkilogram. Penurunannya bertahap, setelah Rp 80 ribu perkilogram turun jadi Rp 57 ribu perkilogram kemudian sekarang diangka Rp 53 ribu perkilogram. Lali untuk cabai merah besar turun menjadi Rp 21 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp 23 ribu perkilogram,” ujarnya, Rabu (28/8/2019).

Baca Juga :  UMS Jadi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2019 Versi 4icu

Kendati terjadi penurunan harga pada sejumlah jenis cabai, beberapa jenis cabai lain malah mengalami peningkatan harga. Seperti cabai rawit putih naik menjadi Rp 14 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp 13 ribu perkilogram. Kemudian cabai merah keriting naik menjadi Rp 53 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp 50 ribu perkilogram.

“Sebenarnya penurunan harga ini terjadi karena pasokan cabai sudah mulai normal,” tuturnya.

Di sisi lain, harga cabai di tingkat distributor bervariasi, mulai dari harga cabai rawit merah saat ini dikisaran Rp 48 ribu hingga Rp 51 ribu perkilogram.

“Ada perbedaan harga berdasarkan daerah pemasok yang memasang harga dari petani. Kemudian untuk harga cabai rawit putih diangka Rp 13.500 perkilogram. Pasokan barang mulai lancar dan sekarang stok juga aman. Hari ini saya mendapat pasok barang sekitar 1,5 ton dari berbagai daerah di Jawa Timur. Kalau ini terus terjaga kemungkinan harga cabai bisa terkerek turun,” tukas Distributor Cabai di Pasar Legi, Ahmad Sahid. Triawati PP

Loading...