JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kronologi Penggerebekan Ketua Panitia Pilkades Patihan Sidoharjo. Sejak Sore Sudah Mencurigakan, Relawan Sampai Tak Lepaskan Kamera Video

Ketua Panitia Pilkades Patihan, Jumadi (tengah menghadap kamera) saat disidang warga di hadapan personel Polsek dan Koramil usai tertangkap basah ikut rapat tertutup dengan Timses salah satu calon Kades. Foto/Wardoyo
Ketua Panitia Pilkades Patihan, Jumadi (tengah menghadap kamera) saat disidang warga di hadapan personel Polsek dan Koramil usai tertangkap basah ikut rapat tertutup dengan Timses salah satu calon Kades. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Insiden memalukan dan mencoreng Pilkades terjadi Desa Patihan, Kecamatan Sidoharjo, Sragen. Ketua Panitia Pilkades setempat, Jumadi tertangkap basah ikut rapat tertutup dengan tim sukses salah satu calon Kades selama hampir 3 jam.

Beruntung, sepandai tupai melompat, akhirnya terpeleset juga. Indikasi kecurangan sang ketua akhirnya terbongkar.

Ketua Panitia tersebut langsung digerebek oleh relawan calon Kades petahana, Tri Mulyono. Penggerebekan dilakukan saat Ketua Panitia Pilkades itu dalam perjalanan pulang seusai rapat, Kamis (29/8/2019) tengah malam.

Berdasarkan data yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM di lapangan, penggerebekan terjadi sekitar pukul 23.15 WIB. Jumadi digerebek seusai menghadiri dan ikut rapat tertutup  timses calon lawan yang digelar di sebuah warung sate kambing di Desa Gawan, Tanon, Sragen Kamis (29/8/2019) malam.

Baca Juga :  Sekjen Golkar Jateng Ungkap Tanda-Tanda Alam Bakal Berpihak Pada Kejayaan Golkar di 2024. Sebut Gejalanya Sudah Tampak!

Ironisnya, Ketua Panitia itu diamankan hanya selang beberapa jam setelah siang tadi dilakukan penetapan calon dan pengundian nomor urut calon. Padahal dalam momen penetapan calon, pihak Muspika sudah mewanti-wanti panitia untuk menjaga netralitas demi kelancaran Pilkades.

Pilkades Patihan ditetapkan diikuti dua calon yakni petahana, Tri Mulyono dan mantan Kades dua periode sebelumnya, Sri Lestari.

Berdasarkan pantauan langsung di lapangan, penggerebekan dilakukan sekitar pukul 23.15 WIB. Jumadi ditangkap saat perjalanan pulang di tengah persawahan Dukuh Gondangan, Patihan.

Dia diamankan oleh dua orang relawan Cakades Tri Mulyono, Rendi (23) warga Jenak, RT 6, Sidoharjo dan Sukamto (45) bersama beberapa kader lainnya.

Baca Juga :  Sempat Batal, Vaksinasi Booster Sragen Akhirnya Dimulai Besok Pagi. Dinkes Siapkan 3 Jenis Vaksin, Sasaran 56.000 Warga!

Penggerebekan dilakukan setelah melalui pengintaian sejak pukul 20.00 WIB.

Penggerebekan itu dilakukan sebagai puncak kegeraman warga yang sudah lama mencurigai ketidaknetralan Ketua Panitia yang cenderung berpihak ke calon rival Tri Mulyono.

Menurut keterangan Rendi, kronologi penggerebekan bermula ketika ia dan beberapa relawan curiga dengan gerak-gerik Ketua Panitia Pilkades desanya sejak petang hari. Info yang berseliweran, Ketua Panitia akan hadir dan ikut rapat tertutup dengan timses calon lawan yang berlokasi di warung seberang sungai.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua