loading...
Loading...
PT Petrokimia Gresik Sambangi FP UNS Rabu (18/9/2019). Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– Dalam rangka mendukung Regenerasi Petani serta perkembangan Agrosociopreneur di Indonesia, PT Petrokimia Gresik sebagai Solusi Agro Industri dan salah satu anggota holding dari PT Pupuk Indonesia Holding Company melakukan roadshow Sahabat Petani Fest dan CEO Talk bekerjasama dengan Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kegiatan ini digelar di Aula FP UNS, Rabu (18/9/2019). Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengajak generasi muda Indonesia bergabung dalam Gerakan Jambore Petani Muda 3 Petrokimia Gresik #PetaniMudaBisa.

Manager Penjualan Pupuk Korporasi PT Petrokimia Gresik, Trudo Nainggolan mengatakan bahwa program Gerakan Jambore Petani Muda 3 Petrokimia Gresik #PetaniMudaBisa dilaksanakan berdasarkan kekhawatiran PT Petrokimia Gresik mengenai rendahnya minat dan partisipasi generasi muda di bidang pertanian. “Data dari BPS tahun 2018 mengenai survei antar sensus menyatakan bahwa lebih dari 65% Petani berumur di atas 45 tahun dan data sensus pertanian tahun 2013 menyatakan bahwa dalam 10 tahun jumlah Rumah Tangga Petani turun 20% atau hilang sebesar 15,6 juta,” ujar Trudo.

Baca Juga :  Mahasiswa Akuntansi Unisri Diharapkan Mewarisi Semangat Slamet Riyadi

Sementara itu, berdasarkan data dari BPS tahun 2013, setiap tahun pertumbuhan penduduk Indonesia akan terus meningkat dan pertumbuhan penduduk tersebut berbanding lurus dengan kebutuhan pangan nasional, yang artinya peran serta generasi muda di sektor pertanian sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Selain UNS, Roadshow juga dilakukan di universitas lain diantaranya Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Jember (UNEJ), Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Udayana (UNUD dan Universitas Jendral Soedirman (UNSOED), Universitas Negeri Lampung (UNILA), Institut Pertanian Bogor (IPB).

Baca Juga :  Pendidikan Suspa Radar A-23 Lanud Adi Soemarmo Resmi Ditutup

Dalam Roadshow ini, PT Petrokimia Gresik memberikan kesempatan bagi anak muda yang memiliki minat dan konsentrasi dalam memajukan sektor Pertanian di Indonesia dalam kegiatan Jambore Petani Muda 3.

Pendaftaran kompetisi Jambore Petani Muda 3 dibuka terhitung sejak tanggal 10 September sampai 6 November 2019. Peserta terdiri dari satu tim yang beranggotakan 2-3 orang, memiliki ketertarikan di bidang Agrosociopreneur dan mahasiswa aktif D3, D4, S1 dimana ketua tim wajib berasal dari Fakultas Pertanian/Perikanan/Peternakan/ Kedokteran Hewan/Teknologi Pertanian.

“Nantinya, 12 tim terbaik dari setiap Universitas akan diundang ke PT Petrokimia Gresik dan diberikan kesempatan untuk memaparkan idenya secara langsung di depan dewan juri, dimana 3 ide bisnis terbaik akan diberikan program mentoring secara khusus oleh para CEO yang sudah memiliki keahlian di industri pertanian yaitu CEO Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi, CEO Tanijoy Muhammad Nanda Putra dan CEO Agradaya Andhika Mahardhika,” imbuhnya.

Baca Juga :  Nasi Sedekah Jumat Alias Nasehat Al Firdaus, Seribu Nasi Kotak untuk Para Pekerja Pasar dari Siswa Al Firdaus

Kegiatan Jambore Petani Muda 3 Petrokimia Gresik #PetaniMudaBisa diharapkan dapat mewadahi dan menciptakan anak muda menjadi suatu titik awal untuk memacu semangat dan pengembangan Agrosociopreneur generasi muda di bidang pertanian, Untuk informasi lebih lanjut bisa buka di website www.sahabatpetani.com.

Sementara itu, Dekan FP UNS, Prof. Dr. Samanhudi sangat memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. “Terimakasih kepada PT Petrokimia Gresik yang telah memilih FP UNS sebagai salah satu tempat roadshow semoga ini bermanfaat untuk mahasiswa FP UNS,” ujar Prof. Samanhudi. Triawati PP

Loading...