JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

UNS Kembangkan Healing Oil Berbasis Spirulina

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – UNS Surakarta berhasil melakukan pengembangan dan diversifikasi produk berbahan spirulina sebagai produk healing oil untuk kesehatan kulit.

Untuk menghasilkan produk yang dikehendaki, healing oil, bahan tersebut   dikombinasi dengan tamanu oil.

“Sebenarnya, ini berawal dari kegiatan pengabdian masyarakat yag dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat Farmasi UNS,” ujar Ketua tim, Anif Nur Artanti, dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Bersama rekannya, Fea Prihapsara, mereka menjalin kerja sama dengan UKM Brigit Biofarmaka Teknologi untuk mengkreasikan produk healing oil bagi kesehatan kulit.

“Spirulina kita manfaatkan sebagai bahan baku obat tradisional, karena di dalamnya terkandung berbagai vitamin,” ujar Anif.

Beberapa di antaranya adalah vitamin B, vitamin E, Vitamin K, phenolic acids, tocopherols, g-linolenic acid dan asam folat. Terkandung juga di dalamnya, pigmen b-carotenes, chlorophyll a dan pigmen phycocyanin serta mineral.

Baca Juga :  Bantuan Pulsa untuk Guru, Dosen dan Pelajar Akan Diluncurkan Akhir September. Simak Teknisnya Berikut!

“Ada juga zat besi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit,” bebernya.

Anif mengungkapkan, pengembangan produk untuk kesehatan kulit diformulasikan dengan bahan tamanu oil yang merupakan carrier oil. Bahan-bahan tersebut diproses dengan teknologi cold press sehingga bahan aktif yang terkandung di dalamnya tidak rusak.

Kombinasi keduanya akan menghasilkan healing oil yang bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit terutama untuk kulit yang berjerawat dan dalam proses penyembuhan luka.

“Kandungan utama dalam tamanu oil yang berupa asam lemak yang penting untuk kesehatan kulit sangat poten apabila dikombinasikan dengan spirulina,” tutur Anif.

Baca Juga :  Ilmu Komunikasi UMS Berhasil Mendapat Akreditasi A, Akan Membuka Konsentrasi Peminatan Sesuai Kebutuhan Pasar

Menurutnya, tamanu oil sangat ideal bila digunakan untuk sediaan kosmetik, karena kemampuannya menjaga kelembapan, serta memperbaiki sel-sel kulit mati.

Sementara itu,  spirulina digunakan sebagai sumber nutrisi yang baik bagi kulit karena kandungan vitamin essensial di dalamnya. Vitamin ini berfungsi untuk menjaga dan merawat kondisi kulit.

“Dengan demikian, kombinasi keduanya akan menghasilkan produk yang baik sebagai produk perawatan kulit,” lanjut Anif.

Menurut Anif, produk hasil pengabdian antara UNS dan Brigit Biofarmaka tersebut, sekarang sedang dalam proses pengajuan izin edar BPOM.

“Jika izin sudah keluar, nantinya produk ini akan dipasarkan dengan merek dagang ‘PICO OIL’,” tutup Anif. suhamdani