JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Presiden Jokowi Kenalkan Menterinya Sambil Duduk di Tangga Istana Merdeka, Ternyata Filosofinya Rendah Hati

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin berpose dengan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Saat memperkenalkan menteri-menterinya, Rabu, (23/10/2019) presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih duduk di tangga Istana Merdeka.

Tidak hanya sekedar duduk, ternyata ada filosofinya.

“Saya kira kami memang duduk itu memfilosofikan rendah hati, merakyat tapi tetap harus bekerja keras karena diumumkan dalam kondisi yang panas luar biasa,” kata Jokowi saat berdialog dengan awak media di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.

Baca Juga :  Jarang Muncul di Hadapan Publik hingga Disebut Tidak Banyak Bekerja, Wapres Ma'ruf Amin Buka-bukaan: Tidak Ada Dua Matahari

Jokowi mengaku bisa saja memperkenalkan para menteri di dalam ruangan sejuk ber-AC. Tapi, ia memilih mengadakan acara itu di luar ruangan untuk menunjukkan bahwa pemerintahan periode keduanya terbuka. “Sehingga di tempat terbuka.”

Dalam acara perkenalan para menterinya, Jokowi juga menyampaikan tujuh pesan. Salah satunya, meminta mereka untuk tidak korupsi. Kemudian tidak ada visi misi menteri. Pesan ketiga, Jokowi meminta menteri bekerja cepat, kerja keras, dan kerja produktif.

Baca Juga :  Moeldoko Sebut Jokowi Segera Teken UU Cipta Kerja, KSPI Masih Mau Demo Besar-besaran

Keempat, Jokowi meminta para menteri tidak terjebak rutinitas yang monoton. Selanjutnya, Jokowi ingin para menteri bekerja berorientasi pada hasil nyata. Pesan keenam, Jokowi meminta menterinya terjun langsung untuk mengecek masalah di lapangan sekaligus menemukan solusinya. Pesan terakhir, Jokowi ingin menterinya serius bekerja.

“Saya pastikan yang enggak serius, yang enggak sungguh-sungguh, saya sudah berikan kemarin semuanya. Hati-hati, bisa saya copot di tengah jalan,” ucapnya.

www.tempo.co