JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Buka Peluang Kerja, IHGMA Gelar Job Fair

Dok Panitia

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – IHGMA DPD Jawa Tengah menggelar event Job Fair 2019 di Rosemary Ballroom favehotel Solo Baru Sukoharjo, Rabu (30/10/2019) dan Kamis (31/10/2019).

Acara yang terbuka untuk umum dan gratis tersebut digelar dalam rangka meningkatkan peluang kerja di bidang perhotelan.

Job fair tersebut diikuti oleh 23 stand pameran yang terdiri dari hotel dan sekolah perhotelan se-Jawa Tengah.

Ika Florentina, Sekjen IHGMA DPD Jawa Tengah yang sekaligus Cluster GM Favehotel Solo (Favehotel Manahan & Favehotel Solo Baru) menyatakan,
Job Fair khusus Perhotelan dan Pariwisata itu merupakan Job Fair pertama dan satu-satunya Job Fair khusus di Industri Perhotelan atau di Hospitality Industry.

“Biasanya Job Fair yang ada dari berbagai industri dan corporate,” ujarnya, sebagaimana dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Baca Juga :  Wali Kota Rudy Nilai Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Efektif, Sanksi Bersihkan Sungai Dilanjutkan

Yang menarik, menurut Ika, adalah dalam Job Fair ini ada Talkshow Millenials Goes To Hospitality Industri, di mana narasumbernya para General Manager hotel-hotel di Jawa Tengah anggota IHGMA DPD Jateng.

“Dalam acara ini banyak share tentang kiat sukses bekerja di hotel dan bagaimana cara menjadi seorang GM. Banyak juga pelajar yang bertanya kiat membagi waktu antara kerja dan keluarga,” jelas Ika.

Acara ini dihadiri Trenggono, Kabid Pengembangan SDM dan Ekonomi Kreatif Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Hadir pula Abdullah Soewarno, Ketua BPC PHRI Solo Raya dan Hasta Gunawan, Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta yang sekaligus membuka acara.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Mentorship antara IHGMA DPDP Jateng dengan SMK Sahid Surakarta dan SMK Negeri Ngargoyoso Karanganyar.

Baca Juga :  Gandeng SOLOPEDULI, SOLUSI ZAKAT Salurkan Sembako Dan Uang Santunan Anak-anak Yatim

Hari pertama Rabu (30/10/2019) acara diawali dengan talkshow Milennial goes to Hospitality Industry, sharing season dengan GM – GM area Jawa Tengah.

Untuk hari kedua, digelar kompetisi hospitality yaitu perlombaan antar hotel dan sekolah perhotelan seperti: making bed competition, handling tray competition dan juggling competition.

Sugeng Sugiantoro Ketua DPD Jateng IHGMA sekaligus GM Messastilla Resort & Spa Magelang menyatakan, ke depan JOB Fair ini akan menjadi agenda tahunan.

“Ini menjadi komitmen kami akan pengembangan SDM Pariwisata terutama di Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Bahkan, ujar Sugeng, pihaknya kini tengah menjajaki kemungkinan untuk menjalin kerja sama dengan Pokdarwis (Kelompok Sadar WIsata) Jawa Tengah guna pendampingan One GM One Pokdarwis. A Setiawan