JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Fix, Pasar Legi Solo Mulai Dibangun Tahun 2020

ย ย ย 
Kondisi pasar Legi Solo pasca kebakaran, 29 Oktober 2018 lalu. Triawati

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pasar Legi mulai dibangun tahun 2020 mendatang. Anggaran pembangunan Pasar Legi sekitar Rp 150 miliar.

Anggota Komisi 3 DPRD Kota Solo, Abdul Ghofar Ismail menuturkan, pembangunan Pasar Legi sudah sesuai dengan rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

“Sudah akan mulai dibangun tahun depan. Saat ini prosesnya Pemkot Surakarta membuat DED (Detail Engineering Design-red). Sudah proses dan dikonsultasikan ke Kementerian PUPR dan Kementerian Perdagangan,” ujarnya, Jumat (29/11/2019).

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Target pembuatan DED Pasar Legi diselesaikan Desember 2019. Kemudian proses pembangunan dilaksanakan mulai Januari 2019.

“Proses DED ini akan ada penyesuaian-penyesuaian termasuk anggaran pasti yang dibutuhkan untuk pembangunan,” imbuh Ghofar.

Sementara itu, waktu pengerjaan diperkirakan selesai delapan bulan sehingga proses pembangunannya cukup untuk satu tahun anggaran.

“Tetapi masih lihat DED-nya itu tadi, di dalamnya akan tercantum RAB (rencana anggaran biaya, red) berapa, masa pengerjaan berapa lama,” tukasnya.

Baca Juga :  Terlanjur Malu Jadi Motif Penipuan Catering di Solo dengan Kerugian Hampir Rp 1 Miliar

Di sisi lain, pembangunan juga akan dimulai untuk Pasar Klewer Timur dimana saat ini pemenang lelang telah diperoleh. Namun dari penentuan pagu awal sebesar Rp59 miliar, saat ini turun Rp11 miliar menjadi Rp48 miliar.

“Ini yang agak mengkhawatirkan. Tergantung nanti kalau pada masa sanggah tidak ada yang menyanggah maka tanggal 27 November pengerjaannya sudah bisa dimulai. Kemungkinan sampai bulan April karena ini kan proyek ‘multiyears’,” ungkap Ghofar. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com