JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Hujan Es Sebesar Kacang Atom Landa Gunung Lawu Karanganyar. Makin ke Atas Makin Besar.. 

Ilustrasi hujan es. Foto/Youtube
   
Ilustrasi hujan es. Foto/Youtube

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Hujan deras yang mengguyur kawasan Gunung Lawu, Karanganyar, memunculkan fenomena langka. Hujan lebat yang terjadi Minggu (10/11/2019) petang ternyata disertai fenomena hujan es.

Butiran-butiran es seukuran kelereng dan kacang atom itu terjadi di jalur pendakian Cemoro Kandang Gunung Lawu. Beruntung kejadian itu tak sampai menimbulkan korban. Meskipun saat kejadian, ada 6 rombongan yang mendirikan tenda di pos 3.

Data yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM fenomena hujan es itu terjadi mulai dari Pos 2 hingga Hargo Dalem sekitar pukul 16.15 WIB.

Salah satu anggota Anak Gunung Lawu (AGL), Purharyanto alias Mas Best kepada wartawan sempat mengabadikan fenomena itu menggunakan kamera ponselnya.

Ia menyampaikan, fenomena hujan es memang sering terjadi di Gunung Lawu ketika memasuki musim hujan.

“Kejadiannya Minggu (10/11/2019) sekira pukul 16.15 WIB. Kebetulan saat itu posisi saya di atas,” katanya saat dihubungi wartawan, Senin (11/11/2019).

Ia menguraikan peristiwa hujan es terjadi dalam ukuran berbeda. Ada yang  berukuran sebesar kacang hijau hingga seukuran kacang atom.

Semakin tinggi medan ukuran butiran esnya semakin membesar.

“Di Pos 3 ukurannya (hujan es) sebesar kacang hijau. Kalau di Hargo Dalem ukurannya sebesar kacang atom,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menguraikan saat fenomena hujan es terjadi, situasi jalur pendakian relatif agak sepi. Hanya ada sekitar 6 rombongan yang mendirikan tenda di Pos 3.

“Rombongan itu turun dari Pos 3 sekira pukul 13.00 WIB,” terangnya.

Ia mengaku sempat kaget karena tiba-tiba terjadi hujan es. Meski begitu, ia menyebut fenomena itu sudah biasa dan kerap terjadi di Gunung Lawu. Ia juga memastikan kejadian huja es itu tidak membahayakan bagi para pendaki. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com