JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kebakaran Dahsyat 2 Gudang Pabrik Mebel Dekat Pabrik Jokowi di Kalijambe, Kerugian Capai Rp 25 Miliar

Petugas BPBD dan Damkar saat melakukan pemadaman. Foto/Wardoyo

IMG 20191110 WA0007
Petugas BPBD dan Damkar saat melakukan pemadaman. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Kebakaran hebat melanda gudang mebel milik CV Nuansa Kayu Bekas di kompleks sentra industri mebel Wonosari, RT 3, Sambirembe, Kalijambe, Sragen, Minggu (10/11/2019) dinihari.

Kobaran api dahsyat menghanguskan dua bangunan gudang mebel yang berlokasi satu kompleks dan berdekatan dengan pabrik mebel milik Presiden Jokowi itu.

Berdasarkan hasil assesement di lapangan, polisi melansir angka kerugian akibat kejadian itu mencapai Rp 25 miliar. Kerugian dihitung berdasarkan kerusakan dua bangunan gudang ukuran 20 x 100 meter yang hangus terbakar.

Kemudian kerugian akibat kerusakan mesin di dalamnya serta material bahan baku.

“Dari hasil pendataan, yang terbakar gudang CV. Nuansa Kayu Bekas berukuran 20 X 100 meter (2 tempat) terbuat dari dinding Batako dan papan Galvalum didalam gudang berisi Mebel jadi dan alat Oven Kayu. Kerugian totak mencapai Rp 25 miliar,” papar Kasubag Humas Polres Sragen, AKP Agus Jumadi mewakili Kapolres AKBP Yimmy Kurniawan, Minggu (10/11/2019).

Baca Juga :  Terjaring di Sragen, 96 Kendaraan Pemudik Terpaksa Pasrah Terima Nasib Diputar Balik. Ada 55 Pemudik Diswab Antigen, Hasilnya Jangan Kaget Ya!

Data yang dihimpun di lapangan, kebakaran pabrik milik Bima Satria Dewa (45) warga Dukuh Watu Burik, Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar itu terjadi pukul 01.00 WIB.

Kobaran api kali pertama diketahui Joko Sulistyo (45) Satpam pabri milik Presiden Jokowi, PT Rakabu Sejahtera yang berada di dekat pabrik tersebut.

Dinihari tadi, ia mendadak dikejutkan dengan kepulan asap yang muncul dari arah Gudang CV. Nuansa Kayu Bekas. Ia lantas memberitahu Satpam kompleks sentra industri Asmindo.

Baca Juga :  Masih Jadi Temuan BPK, Bupati Sragen Tegaskan Mulai 2021 Dana BOS Bakal Pakai Sistem Non Tunai

Selanjutnya mereka langsung mengecek sumber kepulan asap dan saat di lokasi, mendapati pabrik sudah dilalap kobaran api dahsyat.

Kemudian kejadian itu dilaporkan ke Polsek. Bersamaan itu petugas jaga Polsek bersama warga dan satu unit Damkar Gemolong tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman.

Karena api makin membesar, pemadam kebakaran kemudian meminta bantuan Damkar daerah tetangga.

Api baru bisa dijinakkan tiga jam kemudian dengan kondisi semua material mebel di dalam gudang dan bangunan sudah hancur.

Saat ini kasus tersebut masih dalam pendalaman. Penyebab kebakaran juga masih dalam penyelidikan. Wardoyo