JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Semarang

Heboh Chat WA Gubernur Ganjar Pranowo Terbongkar. Salah Satunya dengan Bupati Klaten

Foto/Humas
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Foto/Humas

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM  Jagad Twitter mendadak dihebohkan dengan postingan layar tangkap percakapan WhatsApp Grup (WAG) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan sejumlah bupati dan wali kota di Jateng. Percakapan berisi tindakan antisipasi banjir itu pun tak luput dari komentar netizen.

Banyak netizen memuji langkah antisipasi dan koordinasi yang dilakukan Ganjar bersama jajarannya. Terlebih, baru-baru ini netizen dihebohkan dengan banjir yang melanda DKI Jakarta.

Akun @DenySaputra salah satunya yang mengapresiasi WAG itu dalam tulisan komentarnya. “Mantap pak koordinasinya. Semua bisa terpantau dan semua melapor pak. Sukses selalu saya dari jambi,” tulisnya.

Ada pula netizen yang ikut nimbrung melaporkan kondisi wilayahnya, “pak grobogan masih aman pak,” komentar akun @gurliess.

Viralnya percakapan para kepala daerah di Jateng ini berawal dari postingan Ganjar di akun Twitternya @ganjarpranowo. Ia menulis “Antisipasi hujan saya berkoordinasi dengan kawan-kawan bupati walikota, siaga penuh!”

Baca Juga :  Peran Swasta dalam Tangani Covid-19 Dapat Apresiasi Gubernur Jateng

Postingan itu menyertakan layar tangkap WAG bernama “Jateng”. Dalam chat itu Ganjar mengawali koordinasi dengan bertanya ‘Yth Bpk/Ibu bgmn kondisi wilayah panjenengan akibat hujan kemarin (sampai hari ini)?’

Sejumlah kepala daerah pun membalas dengan melaporkan kondisi di wilayahnya masing-masing. Pertama yang membalas adalah Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, ”Lapor Kebumen aman Pak Gub.”

Kemudian ada Bupati Klaten dengan nama Yani Bupati Klaten. Ia sempat meminta doa ke Gubernur agar wilayahnya selalu Mandali.

Menyusul, Bupati Pati Haryanto, Bupati Klaten Sri Mulyani dan Bupati Kudus Hartopo.

“Ijin Pak Gub Jekulo timur ada luapan air sebentar karena hujan lebat. Itu dikarenakan banyaknya sampah di selokan. Kudus ada tiga titik potensi tergenang air. Team sudah saya siapkan,” tulis Hartopo.

Baca Juga :  Pengeroyokan Sadis Terhadap Anak Punk di Ungaran Terungkap, Empat Pelaku Lain Masih Buron

Reaksi lebih ramai terlihat ketika Ganjar juga mempostingnya di akun Instagram @ganjar_pranowo. Belum ada setengah jam, sudah 400-an komen yang datang.

Disinggung soal grup WA itu, Ganjar mengaku sudah membuatnya sejak lama. Anggotanya adalah semua bupati dan walikota di Jateng. Ia memanfaatkan WAG untuk berkoordinasi tentang segala hal.

“Dari keamanan, bencana alam, harga bahan pokok semuanya. Lebih cepat dan efektif,” kata Ganjar.

Terkait antisipasi banjir, Ganjar telah menginstruksikan kepala daerah untuk siaga satu. Jika terjadi bencana, ia meminta keselamatan warga diutamakan. Ganjar juga mengecek pompa-pompa di sekitar Kota Semarang, Kamis (2/1/2020) pagi, untuk memastikan penyedot air itu berfungsi baik.

“Saya mau muter lihat pompa, kita cek semua kalau ada yang kurang berfungsi segera ditangani,” tandas Ganjar. JSnews