JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Artis

Kisah Perjuangan Ria Irawan Melawan Penyakit Kanker, Aktif Memberikan Semangat Pada Para Pejuang Kanker

Ria Irawan menemui wartawan di Gedung A Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2019) petang. Ria menjelaskan, kesehatannya membaik meski dikabarkan kritis. Wartakota

JOGLOSEMARNEWS.COM – Aktris film Ria Irawan meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Salemba, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020) pukul 04.40 WIB.

Ria Irawan meninggal karena penyakit kanker getah bening. sebelum meninggal, Ia telah cukup lama berjuang melawan penyakit kankernya sejak divonis sejak 2014.

Ria Irawan juga aktif memberikan semangat ke para pejuang kanker dan selalu memberikan berita terkini perjuangannya menaklukkan kanker di akun Instagramnya.

Aktris berusia 50 tahun ini divonis menderita kanker pada 2014 setelah melakukan operasi penebalan rahim.

Saat itu Ria Irawan diketahui menderita kanker endometrium stadium 3 atau kanker yang menyerang bagian rahim.

Setelah melakukan terapi sinar radiasi dan kemoterapi selama 1,5 tahun, Ria Irawan sempat dinyatakan bersih dari kanker.

Baca Juga :  Ratu Dangdut Elvy Sukaesih Sempat Positif Covid-19, Keluarga Langsung Jalani Swab Test dan Hasilnya Negatif. Putrinya Yakin Ibunda Tak Menularkan ke Orang Lain

Sekitar 1,5 tahun setelah dinyatakan bersih dari sel kanker itu, dokter kembali menemukan sel kanker endometrium di bagian diafragma Ria Irawan.

Ria Irawan kembali menjalani treatment penyembuhan kemoterapi.

Sejak akhir 2019, tepatnya medio November, Ria Irawan diketahui semakin rutin menjalani pengobatan kanker.

Saat itu sel kanker tersebut telah menyebar ke bagian kepala dan paru-paru Ria Irawan.

Sel kanker di bagian kepala tersebut menekan syaraf otak yang menyebabkan Ria kesulitan berbicara dan kehilangan keseimbangan.

Mayky Wongkar, suami Ria Irawan, menjelaskan, istrinya itu harus menjalani 10 kali radiasi untuk mengecilkan tumor di bagian kepala.

Baca Juga :  Ngaku Sudah 7 Bulan Tak Ada Penghasilan Gara-gara Pandemi, DJ Seksi Dinar Candy Jual Celana Dalam Bekas Pakainya. Laku Rp50 Juta

Hal itu dilakukan supaya tidak menekan urat syaraf di bagian kepala Ria Irawan.

Setelah itu Ria Irawan menjalani kemoterapi lanjutan untuk menekan penyebaran sel kanker di bagian tubuh lainnya.

“Sinar di bagian kepala (Ria Irawan) dilakukan selama sepuluh kali akan dilakukan palliative kemo untuk bagian tubuh seperti paru dan sebagainya,” kata Mayky Wongkar pada 13 September 2019.

Seperti yang diunggah di akun Instagram pada 27 November lalu, Ria Irawan sudah menjalankan terapi sinar ketiga.

Selama melawan kanker, Ria Irawan terus aktif memberikan semangat ke penderita kanker lain supaya bertahan melawan kanker.

Ia juga memperlihatkan berbagai terapi yang dijalankannnya melalui akun Instagram.

www.tribunnews.com