JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Rektor UNS Bersama Danrem 074/Warastratama Lepas 1.738 Mahasiswa KKN

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho melepas 1.738 mahasiswa dan 77 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode Januari-Februari 2020 di Halaman Gedung dr. Prakoso UNS, Selasa (14/1/2020).

Sebanyak 1.739 mahasiswa dan 77 DPL tersebut akan diterjunkan di 173 Desa, 55 Kecamatan, 32 Kabupaten, 8 Provinsi serta 1 di Luar Negeri.

“Saya berpesan kepada para peserta KKN dan terkhusus kepada para dosen yang menjadi DPL, inilah saat yang tepat untuk kita belajar dengan melihat langsung kearifan yang dimiliki oleh setiap daerah. Dan dari situ, kita melanjutkan memberi bimbingan dan inovasi berbasis pada kearifan daerah,” urai Prof Jamal.

Baca Juga :  Terhasut Ajakan 'Hitamkan Solo' 6 Remaja Anggota PSHT Asal Ngawi dan Karanganyar Diamankan di Kawasan Manahan

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, para mahasiswa KKN juga dilepas Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta, Brigadir Jenderal TNI Rafael Granada Baay.

“KKN merupakan program yang ditetapkan untuk mengoptimalkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknolongi yang dimiliki oleh mahasiswa. Selamat menjalankan KKN, semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat dan bisa menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat di lokasi KKN,” tukasnya.

Baca Juga :  Sempat Diamankan, 27 Orang Termasuk Anggota PSHT Dipulangkan, Motor Tetap Ditahan

Ditambahkan Ketua LPPM UNS, Prof. Dr. Okid Parama Astirin, KKN kali.ini mengangkat 18 tema diantaranya adalah Optimalisasi Potensi Desa dan Pengembangan Bumdes, Pemanfaatan dan Pengelolaan Hasil Hutan, Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM Desa, Pemberdayaan Ekonomi Lokal Desa, Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Kreatif, Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID), Pengentasan Kemiskinan dan Layak Anak.

“Sebagai generasi milenial tentu perlu dilakukan pendekatan kepada masyarakat yang menyesuaikan kemajuan zaman. Dengan mengangkat tema-tema tersebut diharapkan UNS bisa terus berkontribusi untuk masyarakat,” pungkasnya. Triawati PP