JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Ukur Keberhasilan, 140 Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Jalani Ujian Agama Islam

Siswa kelas VI ABCD Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta jalani Ujian Sekolah (US) praktik pendidikan Agama Islam tahun pelajaran 2019/2020, di Kelas maupun Musholla sekolah setempat. Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Siswa kelas VI ABCD Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta jalani Ujian Sekolah (US) praktik pendidikan Agama Islam tahun pelajaran 2019/2020, di Kelas maupun Musholla sekolah setempat.

Sekolah tersebut terus berusaha melakukan terobosan-terobosan dalam melaksnakan proses pendidikan di era milenial. Salah satu di antaranya melalui pendidikan pengembangan karakter Islami.

Selama tiga hari, mereka diuji materi tayamum, wudhu, salat maghrib, salat jenazah, baca Al Quran, 3 hafalan surat pendek dari an Naba’, an Nazi’at, ‘Abasa dan 10 do’a harian oleh guru al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA).

Baca Juga :  Mendikbud Dinilai Belum Memiliki Inovasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh

“Ujian praktik agama di ikuti 140 siswa di bagi menjadi 7 ruang, dan 7 penguji,” ungkap Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Jatmiko kepada wartawan, di sekolah setempat, Solo, Senin (13/1/2020).

Menurut Jatmiko, pemilihan materi ujian praktik tersebut karena merupakan hal paling dasar yang harus dipahami oleh setiap penganut Agama Islam, sehingga diharapkan siswa tidak hanya memahami secara materi, tapi juga praktik yang benar.

Baca Juga :  PPDB Online di Sumbar Kisruh, Siswa Terdekat Malah Terlempar

Sekolah juga terus berusaha melakukan terobosan-terobosan dalam melaksanakan proses pendidikan di era milenial. Salah satu di antaranya melalui pendidikan pengembangan karakter Islami.

“Wudhu, salat, dan baca Al Quran dilakukan akan mengukur sejauh mana keberhasilan bimbingan religius yang sudah diterima anak, semoga kita menjadi pelopor percontohan sekolah berkemajuan yang unggul bidang agama maupun prestasi akademik,” tegas Jatmiko. Triawati PP