loading...
Foto/Humas Polda

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Kabiddokkes Polda Jateng Kombes Pol dr. Tri Yuwono Putra memimpin pembukaan Bakti Sosial Operasi Katarak di Rumah Sakit Bhayangkara Prof. Awaloedin Djamin Semarang, Rabu (13/02/2019).

Kegiatan bakti sosial ini diselenggarakan masih dalam rangka rangkaian Bakti Sosial Polri. Selain itu operasi digelar lantaran angka kebutaan yang bersumber dari katarak cukup tinggi mencapai 3 juta orang.

Katarak merupakan kekeruhan lensa mata yang disebabkan banyak faktor diantaranya proses degenerasi, oksidasi, sinar Ultraviolet.

Kebiasan hidup tidak sehat (perokok, alkoholik, kurang istirahat) dan penyakit sistemik (penyakit diabetes mellitus, hipertensi, diare hebat, obat steroid).

Sementara, salah seorang dokter yang melakukan operasi katarak AKBP dr. Faozan, menambahkan bahwa masalah kebutaan mengancam kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Corona, Polisi Bubarkan Anak Nongkrong Malam-Malam di Wilayah Jepara Kota

“Hasil survei kesehatan indera penglihatan dan pendengaran Departemen Kesehatan menunjukkan, prevalensi kebutaan di Indonesia mencapai 1,5 persen. Artinya, ada tiga juta orang buta di antara 200 juta penduduk Indonesia. Angka tersebut adalah tertinggi di Asia. Sehingga perlu dilakukan tindakan sebelum katarak menyebabkan komplikasi hingga ke kebutaan, ” jelas AKBP dr. Faozan.

Bakti sosial kesehatan operasi katarak gratis yang dilaksanakan di Rumah Sakit Bhayangkara Prof. Awaloedin Djamin Polda Jateng terdaftar 18 orang pasien katarak.

Selanjutnya dilaksanakan screening guna kelayakan dan resiko operasi dan dari jumlah tersebut dengan rincian 10 laki laki dan 8 perempuan yang memenuhi persyaratan.

Baca Juga :  Berkah Corona, Pajak Kendaraan Yang Jatuh Tempo 29 Februari- 29 Mei 2020 Dibebaskan Dari Denda. Simak Info Lengkapnya Berikut!

Dalam sambutannya, Kabiddokkes Polda Jateng Kombespol dr. Tri Yuwono Putra menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dan dukungan dalam berlangsungnya kegiatan bakti sosial ini. JSnews