JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Dompet Dhuafa Jateng Adakan Penyuluhan dan Lomba Cipta Kreasi Isi Piringku Berbasis Pangan Lokal

BANYUMAS, JOGLOSEMARNEWS.COM – Layanan Kesehatan Cuma–cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Tengah (DD Jateng) mengadakan Penyuluhan dan Lomba Cipta Kreasi Isi Piringku Berbasis Pangan Lokal bagi para kader yang ada di Posyandu Desa Suro, Kamis, (27/2/2020).

Kegiatan yang merupakan program Kawasan Sehat berbasis RW itu diikuti oleh 40 Kader dari 8 Posyandu yang ada di Desa Suro. Selain lomba cipta kreasi piringku, juga diadakan lomba Administrasi Posyandu. Tujuannya adalah untuk menilai tingkat pengetahuan kader posyandu Desa Suro terkait gizi pada panganan lokal serta tertib administrasi dimasing – masing Posyandu.

“Salah satu agenda besar LKC Dompet Dhuafa tahun 2020 adalah melalui intervensi kesehatan melalui program Kawasan Sehat berbasir RW dengan berbagi metode pendekatan program yang mendukung capaian SDGs. Harapannya kawasan sehat berbasi RW ini nantinya dapat menjadi role model terciptanya kasawan sehat dengan skala yang lebih besar” ujar Aan Julianto selaku Koordinator Program Kesehatan LKC DD Jateng kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , melalui keterangan tertulis,  Kamis (27/2/2020).

Baca Juga :  Hadapi Corona, Gubernur Ganjar Pertegas Sinergi dengan Ulama dan Pengelola Ponpes

“Keberadaan Posyandu memiliki pernana penting, dalam peningkatan kesehatan masyarakat terutama ibu hamil, bayi dan balita. Sehingga Keberadaan posyandu ini perlu terus diberdayakan dan mendapat dukungan masyarakat”, Lanjut Aan

Salah satu upaya melihat kemampuan kader dalam edukasi gizi pada kelompok bayi dan balita di Posyandu dengan mempopulerkan panduan makan sehat melalui metode ‘Isi piringku’ yang dapat menjadi acuan sajian sekali makan bagi keluarga dimasing-masing posyandu binaan. Keragaman makanan dalam satu piring merupakan hal yang tak bisa ditawar, mencakup protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral seimbang. Aktivitas ini sekaligus mendorong kader dan masyarakat mengoptimalkan penggunaan pangan lokal untuk memenuhi kebutuhan seimbang.

Baca Juga :  Kejar Mimpi Semarang Bangun Motivasi Anak Panti Asuhan Melalui Kegiatan Volunteering

“Selain melalui lomba Cipta Kreasi Isi Piringku Berbasis Pangan Lokal, para kader sebelumnya juga dilaksanakan edukasi kepada kader dalam pemantauan tumbuh kembang anak dan balita melalui pemeriksaan DDST (Denver Development Screening Test)”, tutup Aan Julianto. */Marwantoro