JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Mantan Kades dan Caleg Bakal Lawan Cakades Muda, Pilkades Tuban Karanganyar Berpotensi Memanas. FKDM Gondangrejo Imbau Semua Jaga Situasi Kondusif!

Dua kandidat di Pilkades Tuban, Karanganyar. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Dua kandidat yang akan bertarung di Pilkades Tuban, Karanganyar. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Perhelatan Pilkades di Karanganyar bakal segera kembali bergulir. Salah satu desa yang akan menggelar Pilkades adalah Desa Tuban.

Dan hari Rabu tanggal 11 Maret 2020 mendatang bakal menjadi hari yang sangat menentukan bagi warga Desa Tuban, Kecamatan Gondangrejo.

Karena hari itu adalah waktu pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang menentukan siapa pemimpin desa itu.

Tensi Pilkades kali ini dipastikan bakal memanas mengingat akan memanggungkan head to head dua kandidat. Yakni calon dengan nomor urut 01 H. Mukmin, S Pd. I., dan nomor urut 02 Aris Santoso.

Mukmin yang pernah menjabat Kades dua periode dan dua kali Caleg PKB itu akan mendapat lawan sepadan, Aris Santoso yang berlabel pengusaha dan calon muda usia.

Baca Juga :  Sebut Ada Pemaksaan Gamblang, Eks Ketua PSSI Karanganyar Desak Bupati Bekukan Kepanitiaan Kongres. Ketua Panitia Kekeh Kongres Jalan Terus No Problem

Makin dekatnya pelaksanaan Pilkades juga mulai menghangatkan suhu politik di desa ini. Oleh karena itu Forum Komunikasi Kewaspadaan Dini Masyarkat (FKDM) Kecamatan Gondangrejo mewanti- wanti masyarakat Desa Tuban agar tetap menjaga kerukunan baik sebelum maupun sesudah pemilihan kepala desa (Pilkades).

Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan Gondangrejo, Djoko Susilo mengatakan, pilkades memiliki sensivitas lebih besar dibanding pilkada dan pileg, masyarakat harus tetap menjaga kerukunan.

Menurutnya, perbedaan pilihan biasanya rentan dan menjadi awal mula perselisihan antar masyarakat.

“Saya harap masyarakat tetap menjaga kerukunan karena biasanya kalau beda pilihan hubungan dan komunikasi juga terputus. Harapan kami beda pilihan boleh tapi kerukunan tetap harus dijaga. Jangan sampai masyarakat terpecah, sebab itu mari kita bangun sinergitas yang baik sehingga agenda demokrasi ini berjalan lancar dan aman,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (28/2/2020).

Baca Juga :  Gandeng Mitra Internasional, FKIP UMS Kembangkan Sekolah Penggerak di MIM Mojogedang Karanganyar,

Ia juga mengimbau para kontestan bisa menjaga iklim kondusif, menghindari kecurangan dan bisa mengendalikan tim sukses untuk tetap mengedepankan kedamaian.

“Kami berharap jangan ada calon bermain curang, menebarkan hoax di media sosial termasuk menghindari praktek politik uang,” tandasnya.

Djoko menambahkan, Pilkades Tuban bakal memegang peranan penting lantaran berlokasi di ibukota Kecamatan Gondangrejo. Selain itu, Desa Tuban memiliki 6.000 pemilih. Wardoyo