JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Eks Menteri Keuangan JB Sumarlin Tutup Usia

JB Sumarlin / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Eks Menteri Keuangan era Orde Baru, JB Sumarlin tutup usia di Rumah Sakit Carolus, Jakarta, Kamis (6/2/2020) siang, pukul 14.15 WIB.

“Betul, kami di Kementerian Keuangan merasa berduka dan kehilangan sosok panutan dan berperan besar bagi perbaikan perekonomian di Indonesia pada akhir 1980-an,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti dalam pesan singkat kepada Tempo.

Pada masanya, kenang Nufransa, Sumarlin sangat terkenal dengan Gebrakan Sumarlin berupa Paket Kebijakan Deregulasi di Bidang Moneter, Keuangan dan Perbankan. Kebijakan ini, menurut dia, berhasil mengendalikan inflasi saat menjadi Menteri Keuangan.

“Atas hal tersebut almarhum dinobatkan menjadi Menteri Keuangan terbaik tahun 1989 oleh Euromoney dan tahun 1990 oleh majalah Asia,” tutur Nufransa.

“Mudah-mudahan almarhum mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Tempo, Sumarlin akan disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam Semanggi lantai 36 pada pukul 18.00 WIB.

Rencananya, Bekas Ketua Badan Pemeriksa Keuangan itu akan dimakamkan di Pemakaman San Diego Hills pada Senin (10/2/2020).

JB Sumarlin pernah  menjabat sebagai Menteri Keuangan Kabinet Pembangunan V dari 1988 hingga 1993. Dia wafat di usia 87 tahun.

www.tempo.co

Baca Juga :  Menyusul Elemen Lain, FPI dan GNPF Desak Penundaan Pilkada 2020