JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Antisipasi Virus Corona, SDIT Nur Hidayah Surakarta Gelar Edukasi PHBS

Dok SDIT Nur Hidayah Surakarta
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – SD Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta mengadakan edukasi Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), Selasa (10/3/2020).

Kegiatan tersebut berlangsung di aula lantai 1 gedung timur. Kegiatan tersebut kerja sama antara pihak Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan Puskesmas Purwosari.

Ustadzah Selviana Linda, A.MK selaku penanggung jawab UKS SDIT Nur Hidayah Surakarta, melalui rilisnya ke Joglosemarnews mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu program UKS dalam rangka memberikan wacana dan melatih siswa untuk membiasakan hidup bersih.

Kegiatan tersebut diadakan pada saat jeda atau rehat pasca Penilaian Tengah Semester (PTS) 2.

Baca Juga :  Mulai Januari 2021, Kota Bogor Bakal Gelar Sekolah Tatap Muka

Petugas kesehatan Puskesmas Purwosari, Hasmi Muthmainnah dalam edukasinya mengatakan, kegiatan PHBS itu mengedukasi siswa agar terbiasa hidup bersih sebagai salah satu penangkal virus yang akhir-akhir ini sedang mewabah.

Hal itu dilakukan tahap demi tahap. Mulai dari mencuci tangan dan membiasakan menjaga kebersihan gigi dan mulut.

“Aku jadi tahu tentang cara mencuci tangan dan menggosok gigi dengan benar. Menggosok gigi dimulai dari depan,” jelas Ananda Risandya Anajmi Al Khoir (8), salah satu siswa kelas 2 yang mendapat doorprize pada kegiatan itu.

Baca Juga :  Pusdatin Kemdikbud RI Sidak SD Muhammadiyah 1 Ketelan dan Radio Solo Belajar

Sementara itu, Wakil Kepala SDIT Nur Hidayah Surakarta Bidang Humas, Rahmat Hariyadi menuturkan, kegiatan itu dimaksudkan untuk menguatkan edukasi kepada para siswa dalam menjaga perilaku hidup bersih dan sehat dimana dan kapanpun.

“Mulainya dari hal-hal sederhana, semisal mencuci tangan, menggosok gigi, peduli sampah, dan lainnya,” ujarnya.

Menurut Rahmat, kegiatan tersebut dimulai dari diri sendiri. Harapannya, dengan budaya PHBS itu semua siswa bisa terhindar dari virus maupun penyakit lainnya.

“Termasuk terhindar dari virus yang sekarang masih hangat diperbincangkan masyarakat, yakni virus corona,” ujarnya. suhamdani