JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

CATAT!, Kemenhub Mau Adakan Mudik Gratis, Begini Cara Ikutnya

Suasana kedatangan perantau asal Karanganyar yang menggunakan bus mudik bantuan Pemkab tahun lalu. Foto/Humas Kab
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengadakan mudik gratis pada menjelang Lebaran Idul Fitri 2020. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan pendaftaran mudik gratis dnegan angkutan bus akan dibuka mulai 23 Maret 2020.

“Tahun ini kita siapkan 1.317 bus untuk kapasitas 59.265 penumpang,” kata Budi di Gedung Kemenhub, Jumat (13/3/2020).

Baca Juga :  Prabowo Bertemu Surya Paloh di Nasdem Tower, Anies: Bukan Hal yang Luar Biasa

Budi menjelaskan Kemenhub juga menyediakan truk untuk motor gratis selama angkutan mudik sebanyak 111 unit. Dia menuturkan truk tersebut dapat mengangkut sebanyak 4.995 unit sepeda motor.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Budi mengatakan pada mudik gratis tahun ini Kemenhub menggunakan bus pariwisata dan bus AKAP. “Bus pariwisata sebanyak 1.117 unit untuk kapasitas 50.625 penumpang dan bus AKAP sebanyak 200 bus untuk kapasitas 900 penumpang,” jelas Budi.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

Dia menambahkan masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis menggunakan bus dapat mendaftar secara online melalui laman resmi mudikgratis.dephub.go.id. Selain itu, pendaftaran juga dapat dilakukan langsung di Gedung Kementerian Perhubungan. “Untuk tahun ini kita membuka mudik gratis untuk 37 kota tujuan dan lima kota untuk arus balik,” tutur Budi.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com