JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kebakaran Hebat Landa Pabrik CV Sastro Briko di Jaten Karanganyar. Tiga Mobil Damkar Dikerahkan, Kerugian Ratusan Juta

Kondisi kebakaran hebat pabrik briket di Jaten, Karanganyar, Minggu (29/3/2020) dinihari. Foto/Wardoyo

IMG 20200329 170328
Kondisi kebakaran hebat pabrik briket di Jaten, Karanganyar, Minggu (29/3/2020) dinihari. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Kebakaran hebat melanda wilayah Jaten, Minggu (29/3/2020) dinihari. Sebuah pabrik briket CV Sastro Briko di Jalan Raya Solo-Tawangmangu tepatnya di Dukuh Jetak Rt 1 Rw 8, Desa Dagen, Jaten, hangus dilalap api.

Kobaran api melahap bangunan briket milik Tjoek Ariyanto (41) warga Karanganyar itu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah itu meski kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta.

Data yang dihimpun di lapangan, kebakaran terjadi sekitar pukul 02.30 WIB. Kobaran api kali pertama diketahui salah satu pekerja, Sofyan (27).

Baca Juga :  165.000 Warga Karanganyar Diajukan Jadi Penerima Vaksin Covid-19. Sebanyak 9.000 Dosis Untuk Tahap Dua, Bertahap Sampai Mei

Berdasarkan keterangan pekerja asal Dusun Subendo, Rt 5 Rw 6, Desa Sidomukti, Jenawi, Karanganyar itu saat kejadian sebenarnya dia tengah terlelap.

Mendadak ia ia dikejutkan dengan hawa panas dan setelah dicek oven briket sudah menyala. Ia langsung berteriak minta tolong sembari melapor ke pimpinannya.

Seiring itu, kobaran api makin menjadi. Upaya petugas memadamkan dengan alat pemadam api ringan (APAR) yang ada di pabrik dan bantuan warga, nihil hasil karena api makin tak terkendali.

Api baru bisa dipadamkan setelah tiga unit mobil pemadam dikerahkan menjinakkan api.

Baca Juga :  HUT Ke-38, PUDAM Karanganyar Intruksikan Karyawan Bersedekah Minimal 5 Paket Sembako ke Tetangga Masing-masing

“Api padam sekitar pukul 16.00 WIB,” ujar Camat Jaten, Aji Pratama Heru, Minggu (29/3/2020) kepada wartawan.

Terpisah, Kapolres AKBP Leganek Mawardi melalui Waka Polsek Jaten, Iptu Maryadi membenarkan kebakaran itu.

Ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 150 juta.

“Tim sudah ke lokasi melakukan olah TKP. Sejumlah barang bukti seperti sample briket yang sudah dioven, potongan asbes, dan dan selang regulator berwarna oranye,” ungkapnya. Wardoyo