JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Update Terbaru Kasus Corona Karanganyar, Jumlah ODP Masih 32 Orang, 2 Pasien Dalam Pengawasan DKK. Satu Pasien PDP Dirujuk ke Moewardi Solo

Data kasus corona Kabupaten Karanganyar hingga Minggu (22/3/2020). Foto/Wardoyo

IMG 20200322 111722
Data kasus corona Kabupaten Karanganyar hingga Minggu (22/3/2020). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Kabupaten Karanganyar masih mencatatkan jumlah kasus yang stagnan terkait corona virus. Hingga Minggu (22/3/2020), Karanganyar masih bertahan di angka 23 kasus ODP dan 2 PDP.

Data itu merujuk laporan terbaru jumlah kasus corona virus yang dilansir Pemprov Jateng di laman corona.jatengprov.go.id.

Hingga pukul 11.00 WIB, jumlah kasus ODP di Karanganyar tercatat masih sama dengan dua hari sebelumnya yakni 32 orang dan 2 orang PDP.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan, masyarakat bisa mengupdate data terkait Covid-19 di Jateng melalui websitecorona.jatengprov.go.id tersebut.

Dalam website itu, telah diterangkan data jumlah pasien, peta persebaran hingga rumah sakit yang menangani.

Pemprov terus berupaya melakukan pencegahan dan penanganan melalui berbagai jalur.

“Untuk informasi lengkap corona di Jateng, bisa diakses di laman corona.jatengprov.go.id,” paparnya melalui pesan WA kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan, jika jumlah warga berstatus ODP bisa berubah setiap saat.
Dari laman itu, masyarakat juga bisa memahami bagaimana pencegahan penyebaran corona dan informasi lain termasuk rumah sakit untuk pemeriksaan maupun rujukan.

Baca Juga :  Terus Meledak Tambah 56 Positif dan 5 Meninggal,  Kasus Covid-19 Karanganyar Meroket Jadi 1.604 Hari Ini. Jumlah Warga Meninggal Terus Melonjak Jadi 213 Orang

Sementara, Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar dalam keterangannya kepada awak media, Jumat (20/3/2020) membenarkan sedang mengawasi dua pasien yang berasal dari Sukoharjo dan Karanganyar dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Keduanya menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karanganyar.

Hal itu disamlaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Karanganyar Purwati saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (20/03/20).

Menurut informasi, tercatat ada tiga pasien berstatus PDP yang pernah menjalani perawatan di RSUD Karanganyar.

Dari ketiga pasien tersebut, masing-masing merupakan warga yang berasal dari Karanganyar, Sukoharjo, serta Tangerang Jawa Barat.

“Hingga pukul 14.00 WIB saat ini, ada 3 orang PDP warga asli Karanganyar yang sedang dirawat di RSUD Karanganyar. kondisinya stabil dan baik, namun pasien ini mempunyai penyakit dalam asma dan hipertensi. Satu dari Tangerang langsung dirujuk ke RS dr Moewardi, sedangkan pasien dari Polokarto Sukoharjo dan dari Karanganyar keduanya kini dirawat intensif di RSUD Karanganyar,” jelas Purwati.

Baca Juga :  Innalillahi, Sehari Tadi 4 Warga Karanganyar Meninggal Positif Terpapar Covid-19. Jumlah Total Warga Meninggal Dunia Tambah Jadi 204 Orang

Selain itu, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar juga melakukan pemantauan dan pengamatan terhadap 32 orang yang berada di wilayah Karanganyar.

Pada 32 orang tersebut, pihaknya merinci ada lima orang dengan status orang dalam pantauan (ODP), sedangkan sisanya merupakan hasil dari pengamatan petugas Dinkes di lapangan.

“Sedangkan ODP-nya ada lima orang, mereka kini ada di Karanganyar, dan mereka baru menunjukkan gejala batuk, pilek, suhu sudah 38 derajat, pernah pergi ke tempat terjangkit corona,  namun dia masih perlu diperiksa lab untuk memastikan apakah terkena corona atau tidak,” tuturnya. Wardoyo