JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

2 Warga Karanganyar Positif Covid-19 Hari Ini Jalani Uji Lab Kedua. Kepala DKK Nyatakan Kondisi Keduanya Sehat, Apakah Hasilnya Bisa Berubah?

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat menggelar konferensi pers covid-19. Foto/Wardoyo

loading...
Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat menggelar konferensi pers covid-19. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Dua warga positif corona atau covid-19 asal Karanganyar dijadwalkan bakal menjalani uji laboratorium kedua di dua rumah sakit berbeda, Senin (13/4/2020) hari ini.

Dua warga itu berasal dari Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang dan Desa Paulan, Kecamatan Colomadu.

Berdasarkan hasil uji laboratorium pada Jumat (10/4/2020) lalu, kedua warga tersebut positif corona.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Purwanti mengatakan, pasien positif asal Sewurejo sudah dibawa ke RSUD Karanganyar untuk dilakukan uji laboratorium.

Hal sama juga dilakukan terhadap seorang warga Paulan yang dirawat di RS Kasih Ibu Solo.

“Keduanya diperiksa hari ini. Mereka kondisinya sehat. Pemeriksaan itu untuk mengetahui apa negatif atau masih positif,” paparnya kepada wartawan di Karanganyar, Senin (13/4/2020).

Selanjutnya, pihaknya akan menunggu hasil uji laboratorium yang kedua kali ini.Hasil tes kedua itu akan menjadi penentu apakah mereka akan negatif atau masih tetap positif covid-19.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono sebelumnya mengungkapkan kedua warga itu terdeteksi ikut rombongan Ijtima’ ulama ke Gowa.

Mereka diketahui kembali ke Karanganyar pada tanggal 25 maret 2020 lalu dengan menggunakan kapal laut.

Untuk pasien positif asal Desa Sewurejo diketahui merupakan rekan pasien PDP asal Mojogedang yang meninggal dunia di RS Moewardi Solo kemarin pagi.

Dua warga itu dilaporkan positif itu diketahui berdomisili di Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang dan satu lagi berasal dari Desa Paulan, Kecamatan Colomadu.

Kedua warga yang positif covid-19 itu semuanya berjenis kelamin laki-laki.
Untuk warga positif asal Desa Sewurejo diketahui tinggal bersama istrinya.

Sedangkan warga positif asal Desa Paulan tinggal bersama istri dan 3 orang anak.

Di hadapan awak media, Bupati menyampaikan kabar bahwa perkembangan terakhir penanganan dan penanggulangan covid-19, memang ada dua warga yang dinyatakan positif.

Hal itu diketahui dari hasil uji lab dan tes swab terhadap keduanya. Dari hasil swab, menunjukkan keduanya positif terpapar corona virus atau covid-19.

“Berdasarkan hasil swab yang diterima, ada dua warga Karanganyar yang dinyatakan positif covid-19. Satu dari Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang dan satu warga yang berasal dari Desa Paulan Kecamatan Colomadu,” papar Juliyatmono, Jumat (10/4/2020) petang.

Menurut bupati, selama ini Pemkab telah berupaya secara maksimal untuk melakukan pencegahan covid-19. Namun pihaknya juga tidak menyangka jika ada yang kemudian positif terpapar covid-19.

“Selama ini sebenarnya kita telah berupaya secara maksimal untuk melakukan pencegahan  Covid-19,” tuturnya. Wardoyo