JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Demi Keselamatan Warga, Kades di Lereng Lawu Karanganyar Rela Galang Donasi. Hanya Hitungan Hari Ribuan Masker Terkumpul dan Dibagi Gratis

Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah desa (Pemdes) Karang, Kecamatan Karangpandan, membagikan ribuan masker kepada warganya.

Ribuan masker yang dibagikan kepada masyarakat tersebut, berasal dari para donatur. Kepala desa (Kades) Karang, Dwi Purwoto, Selasa (07/04/2020) menyatakan, penggalangan masker tersebut telah dilakukan sejak lima hari terakhir.

Menurutnya, donasi 5.000 masker ini dilakukan secara spontan dan langsung mendapat respon dari masyarakat.

“Hanya spontan saja mas. Saya membuat status di salah satu aplikasi pesan singkat dengan membuka donasi 5.000 masker. Ternyata respon masyarakat cukup baik. Dalam waktu lima hari, terkumpul 3.000 masker dan langsung kami bagikan secara bertahap kepada warga. Nantinya, seluruh warga desa akan mendapatkan masker,” ujarnya.

Baca Juga :  Pengurus Muhammadiyah se-Surakarta Konsolidasi Penundaan Muktamar. Berharap Tidak Ada Penundaan Lagi

Dalam kondisi masih mewabahnya Covid-19, Dwi Purwoto meminta kepada seluruh warga untuk tetap menggunakan masker dalam segala aktivitas.

“Kami menghimbau, agar masker yag dibagikan ini, dapat digunakan setiap hari dalam berbagai aktivitas, untuk mencegah terpapar Covid-19,” katanya.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menggandeng dan memberdayakan para perajin lokal dan peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), untuk memproduksi masker sebanyak-banyaknya.

Baca Juga :  Pak RT Buran Yang Positif Covid-19 Diketahui Bekerja di Pabrik Kebakkramat. Keluarga Sempat Minta Hasil Swab, Tapi Ditolak Pihak Rumah Sakit

Hal tersebut disampaikan Bupati Karanganyar, Juliyatmono usai acara launching aplikasi pendataan pemudik di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (07/04/2020).

Menurut bupati, masker tersebut nantinya akan dibagikan, terutama kepada para pedagang pasar, serta warga masyarakat lain yang masih tetap beraktifitas.

“ Kita membutuhkan masker yang cukup banyak. Untuk memenuhi kebutuhan masker tersebut, kita akan memberdayaan masyarakat serta para peserta pelatihan di BLK. Masker ini akan kita bagikan kepada masyarakat secara gratis,” ujar bupati. JSnews