JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

2 Pabrik di Bekasi Tutup Lantaran Buruh Terpapar Covid-19

ilustrasi pabrik / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gara-gara ada seorang pekerja yang meninggal karena positif corona dan tiga orang terpapar virus mematikan tersebut, dua pabrik di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terpaksa ditutup sementara.

Penutupan sementara tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus serta dilakukan sterilisasi.

Juru bicara pusat informasi dan koordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan, pabrik pertama yang ditutup adalah PT Denso Indonesia di kawasan industri MM2100.
Pasalnya, ketua serikat pekerja di sana meninggal dunia karena terpapar virus corona pada dua pekan lalu.

Baca Juga :  Terkuak Fakta Baru Kasus Mutilasi Kalibata City: Pelaku Cari Cara Memotong Mayat dari Medsos, Pakai Bubuk Kopi untuk Samarkan Bau

“Secara otomatis tutup operasional selama 14 hari,” kata Alamsyah ketika dihubungi, Jumat (1/5/2020).

Pabrik kedua, kata dia, berada di kawasan industri Jababeka Kecamatan Cikarang Selatan. Dua hari lalu, kata dia, tiga orang buruh dinyatakan positif berdasarkan rapid test.

Karena itu, secara otomatis pabrik ditutup sampai ketiganya selesai menjalani tes PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang berlokasi di Pasir Gombong, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi pada Senin pekan depan.
“Hasil tes untuk menentukan langkah berikutnya,” kata Alamsyah.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19 Bikin Organda Tekor Hingga Rp 15,9 T Per Bulan

Ia mengatakan, penutupan sementara untuk mensterilkan kawasan tempat para buruh bekerja, demi menghindari penularan virus corona.

Sementara itu, data terkini kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bekasi mencapai 86, rinciannya 34 pasien dinyatakan sembuh, sembilan meninggal dunia dan masih dalam perawtan di rumah sakit 14 orang, sedangkan yang menjalani isolasi mandiri 29 orang.
Adapun orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 2.727 dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 798.

www.tempo.co