JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

BST Kemensos Cair, 17.721 Warga di Karanganyar Terima Rp 600.000 dan Sembako Senilai Rp 200.000. Bupati Sebut BLT Dana Desa Sebentar Lagi!

Pencairan BST di Karanganyar, Selasa (12/5/2020). Foto/Wardoyo
Pencairan BST di Karanganyar, Selasa (12/5/2020). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 17.721 warga Karanganyar akhirnya lega setelah menerima bantuan sosial langsung (BST)  yang berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos) melalui kantor Pos.

Penyaluran BLT tersebut dilakukan di balai desa masing-masing desa dan kelurahan, Selasa (12/05/2020).

Bupati Karanganyar, Juliyatmono usai melakukan pemantuan penyaluran BST di Balai Desa Ngijo, mengatakan, keluarga penerima manfaat (KPM)  BST ini,  menerima Rp 600.000 selama tiga bulan ke depan.

“Pembayaran BST bagi warga ini, merupakan jatah untuk bulan April 2020. Mereka akan menerima selama tiga bulan,” ujar bupati.

Baca Juga :  Makin Ganas, Virus Covid-19 Renggut Nyawa Warga Perum Ngringo Karanganyar. Bapak 56 Tahun Meninggal Positif, Anak dan Keluarga Besarnya Diswab Sampai 3 Kali

Selain menyalurkan BST,  juga disalurkan bantuan 17.000 paket  sembako tambahan bagi warga terdampak  Covid-19 senilai Rp 200.000.

“Untuk bantuan paket sembako tambahan ini, akan diterima warga selama sembilan bulan. Yang dimulai sejak bulan April, hingga bulan Desember 2020 mendatang,” jelasnya.

Bupati menambahkan, untuk BLT melalui dana desa, bupati  dalam waktu dekat akan disalurkan melalui Bank Jateng.

Saat ini, seluruh prosedur penyaluran, akan diselesaikan. Masing-masing keluarga, lanjut bupati, juga akan menerima bantuan sebesar Rp 600.000 per bulan, selama tiga bulan.

Baca Juga :  Gagal Usung Calon, Kader dan Simpatisan PKS di Sragen Dihimbau Tetap Konsisten Taati Keputusan Abstain pada Pilkada

“Saya berharap BLT yang berasal dari dana desa ini, dapat disalurkan sebelum hari raya Idulfitri,” kata bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki, menuturkan, penyaluran BST dilakukan  melalui dua tahap. Tahap pertama, penyaluran  dilakukan melalui bank himbara dan telah disalurkan beberapa waktu lalu.

“ Penyaluran melalui kantor pos ini merupakan tahap kedua. Sebelumnya, kita juga telah menyalurkan kepada warga melalui empat bank, masing-masing Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri dan Bank BTN,” tandasnya. Wardoyo