JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tito Karnavian: Pilkada 9 Desember Bisa Tekan Persebaran Covid-19

Ilustrasi Pilkada serentak 2020

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Masih ada perbedaan pendapat mengenai pelaksanaan Pilkada di kalangan pejabat.
Meski menurut Ketua KPU Arief Budiman Pulkada pada Desember sangat berat dari sisi pendanaan, namun Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020 bisa menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia. 

“Justru kita balik menjadi peluang untuk menekan Covid karena inkumben akan all out,” kata Tito dalam rapat kerja dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat dan penyelenggara pemilu, Rabu (27/5/2020).

Tito sekaligus membantah anggapan sejumlah pengamat dan pemerhati pemilu bahwa pilkada 9 Desember cenderung menguntungkan calon inkumben. Menurut dia inkumben belum tentu unggul.

Tito mengatakan inkumben juga bisa diserang oleh calon penantang jika banyak kelemahan dalam penanganan wabah. Misalnya, terkait penyaluran bantuan sosial yang tak tepat sasaran dan angka merah di daerah tersebut.

“Sebaliknya, bagi penantang mereka bisa keluarkan gagasan, ide, ditawarkan ke masyarakat. Ini justru bisa mendorong, bukan menghambat,” kata mantan Kapolri ini.

Selain itu, Tito mengatakan kontestasi pilkada 9 Desember juga bisa memperbanyak bantuan sosial untuk masyarakat terdampak Covid-19. Baik dari calon kepala daerah inkumben maupun penantang.

“Ini akan mempermudah juga secara nasional agar kita bisa mengendalikan Covid-19,” ujar Tito.

Tito mengimbuhkan, hal ini bisa menghidupkan ekonomi di daerah.

“Bahkan mungkin ada EO (event organizer) kampanye di tengah situasi pandemi Covid-19, bagaimana menjaring orang tapi tanpa pertemuan akbar,” ujarnya.

www.tempo.co

Baca Juga :  Mahfud MD Kumpulkan Sekjen Parpol Bahas Protokol Kesehatan Pilkada 2020