JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bantu Indonesia, UNDP Serahkan Bantuan 500.000 Masker Senilai Rp 2,6 M

UNDP Serahkan Setengah Juta Masker untuk Membantu Indonesia Mengatasi Covid-19 / tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS – Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) menyerahkan bantuan sebanyak 500.000 masker senilai sekitar Rp 2,6 miliar kepada pemerintah Indonesia.

UNDP memberikan bantuan tersebut dengan dukungan keuangan dari yayasan berbasis di Tiongkok, Soong Ching Ling Foundation.

Bantuan tersebut diberikan, terutama untuk membantu melindungi tenaga medis dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Bantuan diberikan oleh Kepala Perwakilan UNDP Indonesia, Christophe Bahuet dalam sebuah upacara resmi. Bantuan diterima oleh Direktur Jenderal Kerjasama Multilateral Kementerian Luar Negeri, Febrian A. Ruddyard.

Direktur Urusan Sosial-Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang, Kementerian Luar Negeri, Kamapradipta Isnomo mengatakan, Pemerintah Indonesia menyambut baik dukungan UNDP untuk memastikan perlindungan tenaga medis Indonesia.

“Bekerja dalam kemitraan sangat penting dalam masa pandemi Covid-19. Untuk Indonesia, UNDP adalah mitra vital untuk mempercepat kemajuan menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs,” jelasnya, Jumat (19/6/2020).

Baca Juga :  Gempa Bumi Goyang Tiga Wilayah di Indonesia

Pandemi ini merupakan kemunduran terhadap pencapaian SDGs, oleh karena itu kita harus meningkatkan kerja sama untuk mengatasi tantangan tersebut, mulai dari respon dini hingga pemulihan.

Hal serupa pun diungkapkan oleh Kepala Perwakilan UNDP Indonesia, Christophe Bahuet, UNDP senantiasa bersama rakyat Indonesia selama saat yang kritis dan berbahaya ini.

“Kita tahu bahwa pandemi ini telah menyebabkan kekurangan pasokan masker. Masker ini adalah bagian dari respons UNDP terhadap Covid-19 di Indonesia. Masker ini akan membantu melindungi personel medis garis depan dalam penanggulangan virus COVID-19, yang karenanya mereka layak mendapatkan kekaguman dan rasa terima kasih dari semua orang,” terang Bahuet.

Baca Juga :  Giliran FPI, Alumni 212, dan Rizieq Shihab Desak Pemerintah Tunda Pemilihan Kepala Daerah. Sebut Pilkada 2020 sebagai Pilkada Maut

Nilai total masker yang dibeli oleh China Soong Ching Ling Foundation adalah 1,2 juta Yuan (sekitar Rp 2,6 miliar atau US$183 ribu).

Kedutaan Besar Republik Indonesia dan Kantor UNDP di Tiongkok membantu mengatur pengiriman masker tersebut.

Penyerahan masker tersebut dilakukan beberapa hari setelah tibanya pengiriman ventilator tahap pertama yang diadakan oleh Program Pembangunan PBB (UNDP), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

Pengiriman ventilator adalah bagian dari upaya bersama oleh tiga organisasi PBB untuk memberikan bantuan kepada Pemerintah Indonesia dalam penanganan Covid-19.

Per 18 Juni ada 43762 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di Indonesia, dengan 2239 kematian. Kasus Covid-19 telah dilaporkan di 414 kabupaten di 34 provinsi di Indonesia.

www.tribunnews.com