JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Bersama Mbak Luluk, Darmadi Tokoh Pertanian asal Karanganyar Ungkap Temuan Spektakuler Cara Tanam Bawang Merah Bukan Lewat Umbi. Mbak Luluk Siap Bantu Pengembangan

Anggota DPR RI, Luluk Nur Hamidah bersama Darmadi dan para pemuda petani Sragen. Foto/Wardoyo
   
Anggota DPR RI, Luluk Nur Hamidah bersama Darmadi dan para pemuda himpunan keluarga petani Karanganyar. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB, Luluk Nur Hamidah, mendorong generasi muda untuk menjadi pelopor pertanian organik.

Salah satunya dengan budidaya bawang merah yang dinilai prospektif diberdayakan. Hal itu diungkapkan saat hadir dalam sarasehan bertema pertanian tentang cara menanam bawang merah dengan biji yang digelar Pemuda Himpunan Keluarga Tani Indonesia Kabupaten Karanganyar di River Hills Karanganyar, Minggu (28/6/2020).

Luluk didaulat menjadi narasumber bersama Darmadi, tokoh pertanian asal Karanganyar, penemu cara menanam bawang merah dengan biji.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Dalam paparannya, Darmadi menyampaikan terkait penemuannya yang spektakuler yakni menanam bawang merah dengan biji bukan dengan umbinya.

“Menanam bawang merah dengan biji itu lebih efisien dan mengurangi biaya produksi yang tinggi, sekaligus meningkatkan hasil produksi,” kata Darmadi di hadapan peserta.

Sementara, legislator yang akrab disapa Mbak Luluk itu menyampaikan paparan dan sangat mengapresiasi kepada penemu cara menanam bawang merah dengan biji.

Dirinya siap membantu dan mendorong pemuda tani menjadi pelopor pertama dan utama.

“Pemuda tani harus bangkit menjadi pelopor pertanian organik khususnya hortikultura. Saya siap bantu,” ujar Mbak Luluk.

Baca Juga :  Media Sragen Terkini (MST HONGKONG), Grup Pertama yang Terdaftar di Kemenkumham dan Memiliki Anggota Terbanyak di Kota Sragen

Ia menguraikan banyak pemuda millenial yang sudah berhasil mengembangkan sistem pertanian ini dan menjadi bisnis yang secara ekonomi menjanjikan.

Terlebih, pada saat pandemi covid-19 ini ketersediaan pangan menjadi primadona, komoditas pertanian menjadi tumpuan utama dan pertama dalam koridor ketahanan pangan.

Salah satu anggota Pemuda Tani dari Sambirejo, Sragen langsung merespon siap menyediakan lahan untuk menanam bawang merah dengan biji ini. Bahkan Mbak Luluk siap memberikan bantuan benihnya untuk 5 hektare. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com