JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Hasil Survei: Elektabilitas Gibran Ungguli Purnomo

Gibran menyempatkan diri berfoto bersama pasangan bakal calon walikota Solo, Achmad Purnomo-Teguh Prakosa saat mendarat di Jakarta. Keduanya menjalankan fit and proper test di DPP PDI Perjuangan, Senin (10/2/2020) siang ini. Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebuah survei menunjukkan elektabilitas bakal calon wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka lebih unggul dibandingkan dengan bakal calon wali kota usungan PDIP Solo, Achmad Purnomo. Tercatat elektabilitas Gibran berada di angka 55 persen, sedangkan Purnomo di angka 36 persen.

Pemimpin Soloraya Poling, Dr Suwardi yang merupakan Dosen pasca sarjana Universitas Slamet Riyadi Solo, mengungkapkan, elektabilitas Gibran naik seiring dengan gerakan masifnya terjun ke masyarakat secara langsung saat pandemi Corona.

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

“Sedangkan Achmad Purnomo dinilai tidak bekerja. Selain itu, manuver politik Purnomo dengan niat mundurnya dari ajang Pilkada namun tidak jadi, memberikan efek negatif,” ujarnya, Selasa (23/6/2020).

Selain itu, melalui poling “Laporan Survey H-6 Bulan” tersebut ditunjukkan hasil elektabilitas Purnomo sempat naik pada awal tahun 2020 yaitu di angka 46 persen. Sedangkan Gibran di angka 13 persen pada saat yang sama. Namun kemudian angka survei elektabilitas tersebut berbanding terbalik saat pandemi corona.

Pengumpulan data survei dilakukan selama satu pekan mulai tanggal 14 hingga 20 Juni 2020. Jumlah sampel survei sebanyak 1008 diambil dari 126 titik lokasi survei yang merupakan titik tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Solo.

Baca Juga :  Peringati Hari Konsumen Nasional, Paknas Gelar Diskusi Reposisi Hak Konsumen Tembakau

Sementara itu, bakal calon wali kota usungan PDIP Solo, Achmad Purnomo memilih untuk tidak menanggapi hasil survei tersebut.

“Hasil survei kan merupakan salah satu keanekaragaman demokrasi. Saya tetap menyerahkan hasil rekomendasi ke DPP PDIP. Dan sebagai petugas partai, saya akan selalu siap melaksanakan tugas,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com