JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Bioskop Bakal Dibuka 29 Juli, Ini Tanggapan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY

Ilustrasi / tribunnews
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Ilustrasi / tribunnews

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Pemerintah Provinsi DIY bakal kembali membuka bioskop pada Rabu (29/7/2020) besok. Terkait rencana tersebut, Gugus Tugas penanganan Covid-19 di DIY memberi atensi secara khusus.

Wakil Ketua Gugus Tugas penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana mengatakan, meski pembukaan bioskop tersebut menjadi arahan pemerintah pusat yang akan digelar secara serentak, pihaknya tetap memberi rambu-rambu khusus.

Di antaranya, terkait kewaspadaan virus Covid-19 yang berpotensi menyebar melalui udara atau airborne.

Baca Juga :  Kategori Kota Layak Anak Urung Naik Kelas Karena Pandemi, Pemkot Yogya Gigit Jari

“Tentu fokusnya itu dulu, patut diwaspadi. Sehingga untuk pembukaan bioskop ini akan kami kaji ulang bersama gugus tugas Kabupaten dan Kota,” katanya, Minggu (12/7/2020).

Ia menyebut, meski penggunaan kapasitas ruangan telah ditentukan, serta pengecekan suhu juga dilakukan, ketakutan lain muncul lantaran adanya pernyataan dari organisasi kesehatan dunia (WHO) yang mengklaim penyebaran Covid-19 dapat melalui udara.

Baca Juga :  Giliran Pemkot Yogyakarta Resmikan Pojok Baca ke-10 di Klenteng Poncowinatan

“Kecuali masyarakat patuh dan mengikuti anjuran yang ditentukan. Yakni memakai masker dan membawa hand sanitizer,” tegasnya.

Kekhawatiran itu pun bertambah lantaran meningkatnya grafik pasien positif Covid-19 di DIY.

Untuk itu, protokol khusus di lingkungan bioskop akan segera dibahas terlebih dahulu sebelum nantinya benar-benar resmi dibuka.

“Kami diskusikan terlebih dahulu bersama pihak pengelola, kepala Dinas Pariwisata serta gugus tugas Kabupaten/Kota,” pungkasnya. 

www.tribunnews.com