JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Cek Kesehatan Hewan Kurban, Tim Gabungan Temukan Beberapa Kambing dalam Kondisi Begini

Tim gabungan dari Polsek Laweyan, Koramil Laweyan, dan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) mengecek kondisi hewan kurban. Bertempat di wilayah Kelurahan Pajang, Selasa (28/07/20). JSNews/Prabowo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tim gabungan dari Polsek Laweyan, Koramil Laweyan, dan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) mengecek kondisi hewan kurban. Bertempat di wilayah Kelurahan Pajang, Selasa (28/07/20), ada 20 sapi serta 200 kambing dipantau kondisinya.

Pengecekan itu diawali dari penjual sapi kurban milik Saryanto di Kampung Jegon RT 03 RW 02, Kelurahan Pajang. Setelah itu tim bergerak ke penjual kambing milik Wahyudi di Kampung Tegal Keputren RT 03 RW 05 Kelurahan Pajang.

Baca Juga :  Relawan Jokowi Laporkan Ubedillah ke Polisi. Gibran: Rasahlah, Fokus Nyambut Gawe Wae, Aku Tidak Tercemar Kok

Kasi Kesehatan Hewan dan Pengawasan Obat Hewan DPKPP Surkarta, Abdul Azis menjelaskan hasil temuan terdapat tujuh kambing mengalami sakit mata atau belekan. Sementara satu kambing juga terjangkit skabies atau kudis (gudik).

“Untuk belekan nanti kita sarankan diberi tetes mata. Sementara yang skabies apabila kambing tersebut sudah laku disarankan agar diganti dengan kambing yang sehat,” kata Abdul Azis kepada wartawan.

Baca Juga :  Ketum PSI Giring Ganesha Targetkan 1 Fraksi di DPRD Solo Dalam Pemilu 2024

“Kalau untuk gudik memang harus diinjeksi dan tidak boleh dikonsumsi selama 14 sampai 21 hari. Karena kondisi sudah dekat dengan Idul Adha, makanya tadi kita sarankan harus diganti sebaiknya diganti karena informasinya sudah laku,” tambahnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua