JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ini Dia Skuad Tim Pendim Sragen Yang Gawangi Pemberitaan TMMD Reguler Kodim Sragen Bersaing dengan 50 Kodim se-Indonesia

Para personil Pendim 0725/Sragen dari kanan duduk Serda Fajarriyanto, Sertu Muja TW, Sertu Mahmud Yunus, Berdiri kanan Serka Haryanto dan Serma Harun Yunianto. Foto/Istimewa
   
Para personil Pendim 0725/Sragen dari kanan duduk Serda Fajarriyanto, Sertu Muja TW, Sertu Mahmud Yunus, Berdiri kanan Serka Haryanto dan Serma Harun Yunianto. Foto/Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM
Mungkin bagi orang awam kata pendim agak terdengar asing. Pendim adalah kependekan dari Penerangan Kodim.

Bila di kepolisian atau di pemda dan instansi sipil biasanya disebut Humas. Tapi di dalam dunia kemiliteran disebut penerangan.

Tim Pendim adalah personel yang bertugas medokumentasikan suatu kegiatan yang mana kegiatan tersebut ada unsur TNI-nya.

Selain mendokumentasikan kegiatan juga membuat rilise berita untuk dipublikasikan melalui Twitter, Instagram, Facebook, Website dan bahkan dikirim ke media massa.

Pada pelaksanaan TMMD reguler, peran pendim sangat besar. Karena dalam TMMD reguler itu ada lomba jurnalistik, yang mana lomba tersebut pemenangnya adalah kodim yang paling banyak pemberitaannya.

Baca Juga :  Dagang Ciu di Bulan Ramadhan, Warga Sambungmacan, Sragen Dirazia Polisi, 3 Botol Miras Disita

Perlu diketahui TMMD reguler adalah tiap Korem sebanyak 1 kodim saja, sedangkan Kodam IV mempunyai 4 Korem.

Jadi sekarang Jawa tengah yang mendapat kehormatan TMMD reguler hanya 4 Kodim saja yakni Kodim Sragen, Kodim Purwodadi, Kodim Bantul dan Kodim Banyumas.

Total Kodim se-Indonesia yang melaksanakan TMMD Reguler adalah 50 Kodim. Tiap-tiap kodim bersaing dengan kodim lain se-Indonesia  yang tergabung dalam TMMD Reguler untuk medapatkan pemberitaan terbanyak.

Prosesnya setelah masuk media online dibuka dan ditangkap layar lalu diprint. Hasil cetakan tersebut akan dibuat buku.

Baca Juga :  Viral Dexlite Abal-abal di Sragen Ternyata Dialami Juga oleh Anggota DPRD Tulungagung, Mobilnya Langsung Ndongkrok di Bengkel 3 Hari

Sedangkan pemberitaan media cetak akan dibuat kliping dan dijilid menjadi buku. Demikian juga dengan berita elektronik yang masuk TV video penayangan akan dibakar ke CD lalu dibuat buku album.

Buku-buku itulah yang akan dinilai di Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) selesai TMMD ditutup.

Pada saat pengumuman pemenang, seluruh Dandim di Indonesia yang wilayahnya melaksanakan TMMD Reg ke-108 akan diundang ke Jakarta untuk mengumumkan pemenangnya dan menerima piagam maupun hadiah.

Itulah betapa pentingnya peran pendim dalam mempublikasikan setiap peristiwa yang ada di Kesatuannya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com