JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mendikbud Nadiem Berharap Muhammadiyah, NU, PGRI Gabung Lagi Program Organisasi Penggerak

Nadiem Makarim / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengharapkan Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kembali bergabung dengan Program Organisasi Penggerak (POP).

Nadiem mengatakan ketiga organisasi tersebut merupakan mitra strategis pemerintah dan berjasa besar di dunia pendidikan bahkan jauh sebelum negara ini berdiri.

“Dengan penuh rendah hati, saya memohon maaf atas segala ketidaknyamanan yang timbul,” ucap Nadiem lewat rekaman video yang diunggah pada Selasa, 28 Juli 2020.

Baca Juga :  Kaesang Juga Pernah Digelontor Modal Jumboย  dari Sejumlah Perusahaan

Nadiem ingin tiga organisasi itu tetap mau membimbing proses pelaksanaan program. Ia menyadari POP ini jauh dari sempurna.

Sebelumnya, Muhammadiyah, NU, dan PGRI menyatakan mundur dari Program Organisasi Penggerak.

Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi mengatakan, setelah menerima saran dari para pengurus PGRI di daerah, ada sejumlah pertimbangan yang membuat organisasi mengambil keputusan tersebut.

โ€œPGRI melalui rapat koordinasi memutuskan untuk tidak bergabung dalam Program Organisasi Penggerak Kemendikbud,โ€ kata Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 24 Juli 2020.

Baca Juga :  Kawal Putusan MK Mengenai Revisi UU Pilkada, Presiden Jokowi Selalu disalahkan Masyarakat

PGRI, kata Unifah, berpendapat POP tidak dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, serta menghindari berbagai akibat yang tidak diinginkan di kemudian hari. โ€œKarena waktu pelaksanaan yang singkat,โ€ katanya.

Unifah memandang bahwa dana yang dialokasikan untuk POP akan sangat bermanfaat apabila digunakan untuk membantu siswa, guru, atau guru honorer, penyediaan infrastruktur di daerah. Khususnya di daerah tertinggal, terdepan dan terluar, demi menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) di era pandemi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com