JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

1,5 Jam Operasi Protokol Covid-19 di Sleman Jaring 390 Pelanggar

Petugas Satpol PP Kabupaten Sleman memberikan imbauan dan membagikan masker kepada warga yang memakai masker dalam operasi protokol kesehatan, Minggu (16/08/2020) / tribunnews

SLEMAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Operasi protokol Covid-19 yang digelar Satpol PP Kabupaten Sleman, Minggu (16/8/2020) sejak pukul 08.00 hingga 09.30 WIB, berhasil menjaring 390 warga pelanggar.

Dari hasil operasi tersebut ditemukan puluhan warga yang tidak memakai masker. Operasi tersebut dilakukan di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Kepuharjo, Cangkringan.

Kepala Satpol PP Kabupaten Sleman, Arif Permana mengatakan, yang menjadi sasaran adalah warga dan wisatawan yang melintas.

“Ada 76 orang yang tidak membawa masker. Ada juga yang membawa masker tetapi tidak dipakai, jumlahnya ada 59 orang. Pelanggar dari kendaraan bermotor dan pesepeda,” katanya, Minggu (16/8/2020).

Baca Juga :  Inovasi Helm Gatotkaca yang Mampu Ukur Suhu Tubuh dari Jarak hingga 9 Meter, Digunakan di Polres Banjarnegara

Selain di TPR Kepuharjo, Cangkringan, Satpol PP Kabupaten Sleman juga melakukan patroli di Stadion Maguwoharjo. Dari 2.000 pengunjung, ada 125 warga yang tidak membawa masker.

Arif menerangkan tujuan operasi protokol Covid-19 adalah meningkatkan kedisiplinan warga Kabupaten Sleman untuk mematuhi protokol kesehatan, salah satunya dengan memakai masker.

Selain itu, operasi juga bertujuan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Satpol PP Kabupaten Sleman tidak memberikan sanksi khusus bagi para pelanggar. Pihaknya hanya memberikan teguran dan sosialisasi saja.

“Sifatnya teguran dan pembinaan saja. Tujuan kami kan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh pada protokol kesehetan. Masker menjadi salah satu protokol yang penting untuk mencegah penyebaran Covid-19,” terangnya.

Baca Juga :  Pemkot Yogya Gencarkan Pemutusan Penularan Covid-19, Ini Yang Dilakukan    

Bagi-bagi masker

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga membagikan masker kepada pelanggar dan masyarakat umum. Setidaknya, Satpol PP dan pihak terkait membagikan 700 masker gratis untuk masyarakat.

Ia menilai masyarakat sudah memiliki kesadaran untuk menaati protokol Covid-19.

Dengan adanya operasi protokol Covid-19, ia berharap warga semakin patuh pada protokol yang ditetapkan.

“Kesadaran masyarakat sudah bagus, tidak banyak banyak yang melanggar. Harapannya masyarakat semakin patuh pada protokol,” tuturnya.

www.tribunnews.com