JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Direktur Eksekutif Nagara Institute: Parpol Tak Kalah dari Dinasti Politik

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM -Direktur Eksekutif Nagara Institue, Akbar Faizal mengkriitsi pernyataan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto soal dinasti politik.

Ia mengatakan, pernyataan Airlangga Hartarto bahwa dinasti politik merupakan realitas yang dikehendaki masyarakat, tidak tepat.

Pernyataan itu dinilai partai politik telah kalah dengan menerima dinasti politik.

“Terbaca dengan kuat pesan bahwa partai politik kalah dan selanjutnya menerima apa adanya politik dinasti ini. Sesuatu yang sangat membahayakan perjalanan demokrasi elektoral kita,” kata Akbar pada Sabtu (1/8/2020).

Baca Juga :  Terdampak Pandemi Covid-19, Pengusaha Rental Mobil di Jogja Bikin Angkringan Berjalan yang Ajak Konsumen Makan sambil Keliling Kota Gudeg

Sebelumnya, Airlangga mengatakan dinasti politik di Pilkada 2020 merupakan realitas politik yang dikehendaki. Dinasti politik pun, kata dia, sah sepanjang dipilih oleh masyarakat.

“Kalau sejauh masyarakat memilih, itu secara demokratis adalah sah,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini, di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (31/7/2020).

Pernyataan ini, kata Akbar, juga dapat dimaknai sebagai parpol khususnya Golkar tidak berniat untuk memahami situasi yang membahayakan demokrasi.

Baca Juga :  OTG Mendominasi Kasus Covid-19, Pemkab Sleman Kembali Manfaatkan Asrama Haji untuk Isolasi

Sekaligus tidak bermaksud untuk mengupayakan berbagai langkah untuk menghentikan praktek anomali demokrasi.

Akbar mengatakan dinasti adalah bentuk praktek kejahatan politik yang terorganisir dengan baik terhadap demokrasi. Sebab melegitimasi berkumpulnya kekuatan politik di satu kelompok berdasarkan kekerabatan.

“Dinasti politik merampas hak rakyat dan atau orang lain untuk mengambil peran-peran konstitusional dalam kehidupan sosial politik rakyat sekaligus merusak kaderisasi partai politik,” kata Akbar.

www.tempo.co