JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Cawabup Sriyono Diganti Setyo Sukarno, Wabup Edy Santosa Jadi PLt Bupati Wonogiri

Bupati Wonogiri Joko Sutopo. JSNews. Aris Arianto
Bupati Wonogiri Joko Sutopo. JSNews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bakal calon wakil bupati Wonogiri yang diusung PDIP diganti dari Sriyono ke Setyo Sukarno. Setyo yang merupakan Ketua DPRD Wonogiri ini akan mendampingi cabup Joko Sutopo di Pilkada Wonogiri 2020.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan hal itu kepada wartawan, Selasa (25/8/2020). Menurut dia usulan penggantian posisi cawabup dari Sriyono ke Setyo Sukarno lantaran faktor kesehatan Sriyono. Penggantian diusulkan ke jajaran pengurus partai di atasnya.

“Saat ini pak Setyo Sukarno diperintahkan DPP mengikuti sekolah calon kepala daerah, ini artinya penggantian itu sudah disetujui,” kata dia.

Baca Juga :  Kapolres Wonogiri AKBP Christan Tobing Tegaskan Tak Benar Kabar Salah Satu Paslon Datang Diiringi Ribuan Massa ke Kantor KPU, Dipastikan Pula Tak Ada Konvoi

Kendati demikian, hingga kini DPP belum mengeluarkan keputusan dalam bentuk rekomendasi. Namun pihaknya sudah mempersiapkan diri jika ditunjuk untuk maju sebagai cabup.

“Nanti saya mengajukan cuti mulai September hingga Desember. Nanti ada PLt (Pelaksana Tugas) pak Edy (Wabup Edy Santosa),” sebut dia.

Sebelumnya, karena faktor gangguan kesehatan yang melanda Sriyono, DPC PDI-P Wonogiri mengusulkan pergantian cawabup baru yakni Setyo Sukarno. Usul tersebut diputuskan melalui rapat pengurus DPC PDIP Wonogiri beberapa waktu lalu. Dalam rapat itu, Sriyono mundur sebagai cawabup dan Setyo Sukarno diusulkan menjadi cawabup menggantikan Sriyono.

Baca Juga :  Jadi Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa Berkantor Mulai 26 September, Imbas Bupati Joko Sutopo Alias Jekek Ambil Cuti Kampanye Pilkada Wonogiri 2020

Sriyono keberatan dirinya direkomendasikan sebagai cawabup, alasannya adalah kesehatan. Tidak sekadar alasan, menurut pria yang akrab disapa Jekek ini, Sriyono juga menyertakan bukti otentik. Yakni berupa keterangan dari rumah sakit maupun dokter terkait sakitnya itu. Salah satu sakit yang diderita Sriyono adalah gangguang lambung. Bahkan Sriyono beberapa kali menjalani opname di rumah sakit. Aria